Strategi estimasi berhitung dan pengukuran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual-spasial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Payanti, Sutanti Dwi (2017) Strategi estimasi berhitung dan pengukuran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual-spasial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sutanti Dwi Payanti_D74213094.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Reys menyatakan lebih dari 80% semua aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan estimasi dari pada perhitungan eksak. Estimasi dibedakan menjadi estimasi berhitung, estimasi numerasi, dan estimasi pengukuran. Akan tetapi, ada dua jenis estimasi yang sering digunakan yaitu estimasi berhitung dan estimasi pengukuran. Strategi estimasi adalah jalan/cara yang digunakan seseorang dalam mengestimasi atau memperkirakan suatu hasil perhitungan yang mendekati hasil perhitungan sesungguhnya dengan menggunakan alasan, strategi yang berbeda-beda dan mudah digunakan dengan mencongak. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi estimasi berhitung dan pengukuran siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kecerdasan visual-spasial. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial. Pemilihan subjek dilakukan dengan melihat hasil angket Survei Kecerdasan Jamak (SKJ) dan rekomendasi dari guru matematika. Data penelitian diperoleh dari hasil Tes Estimasi Berhitung dan Pengukuran (TEBP) serta wawancara. Pengujian kredibilitas dan kevalidan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika menyelesaikan soal estimasi berhitung subjek pertama menggunakan dua strategi estimasi yaitu strategi reformulation dan translation , sedangkan subjek kedua hanya menggunakan satu strategi estimasi yaitu reformulation. Selain itu, ketika menyelesaikan soal tes estimasi pengukuran subjek pertama menggunakan dua strategi estimasi yaitu repeat a unit mentally or physically dan chunking, sedangkan subjek kedua juga menggunakan dua strategi estimasi pengukuran yaitu compare to a referent dan repeat a unit mentally or physically.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Payanti, Sutanti Dwisutantidwipayanti189@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Jenis estimasi; strategi estimasi berhitung dan pengukuran; kecerdasan visual-spasial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Payanti Sutanti Dwi
Date Deposited: 09 Feb 2018 09:08
Last Modified: 09 Feb 2018 09:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22585

Actions (login required)

View Item View Item