Penerapan pembelajaran Matematika menggunakan metode IMPROVE dengan pendekatan Iceberg untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

Supriyanto, Giganthea Flora (2018) Penerapan pembelajaran Matematika menggunakan metode IMPROVE dengan pendekatan Iceberg untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Giganthea Flora Supriyanto_D74213066.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia masih rendah, upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah menerapkan metode IMPROVE dengan pendekatan iceberg yang akan membantu siswa mendapatkan penguasaan konsep sehingga membantu siswa memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan aktivitas siswa, kemampuan guru, respon siswa, dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan metode IMPROVE dengan pendekatan iceberg. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian tes kemampuan awal-akhir. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII-1 SMPN 4 Waru, menggunakan materi SPLDV. Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, angket, dan tes. Sedangkan instrumen yang digunakan peneliti adalah lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru, lembar angket respon siswa, dan tes tulis kemampuan awal-akhir. Hasil dalam penelitian ini yaitu aktivitas siswa selama penerapan metode IMPROVE dengan pendekatan iceberg dengan rata-rata 3,59 masuk kriteria sangat baik; kemampuan guru dalam penerapan metode IMPROVE dengan pendekatan iceberg dengan rata-rata 3,7 masuk kriteria sangat baik; respon siswa selama penerapan metode IMPROVE dengan pendekatan iceberg dengan rata-rata 82,1% masuk dalam kriteria positif; kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan metode IMPROVE dengan pendekatan iceberg menunjukkan nilai Sig atau p-value ≤ (α = 0,05), sehingga Hₒ diterima yang berarti terdapat peningkatan dari hasil tes kemampuan awal dan akhir dengan selisih kemampuan awal dan kemampuan akhir adalah -4,200.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Lailiyah, Siti
Uncontrolled Keywords: Metode IMPROVE; pendekatan Iceberg; kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Supriyanto Giganthea Flora
Date Deposited: 09 Feb 2018 09:01
Last Modified: 09 Feb 2018 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22573

Actions (login required)

View Item View Item