Penglaris dalam perspektif Kyai Ilmu Hikmah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasyim, Rusyda Nur Bani (2018) Penglaris dalam perspektif Kyai Ilmu Hikmah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rusyda Nur Bani Hasyim_E01213074.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam berwirausaha, tidak jarang manusia menginginkan hasil yang cepat dan tidak mau rugi. Sehingga ada beberapa orang menghalalkan berbagai cara membuat dagangan dan wirausahanya menjadi laris. Tentunya, dalam hal ini ada yang tetap menggunakan cara yang sesuai dengan hukum syariat dan ada pula yang menyimpang dari hukum syariat. Dengan melihat dan memperhatikan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai masalah yang berkaitan dengan cara manusia mempertahankan usahanya dan melariskan usahanya. Terutama penglaris dalam ilmu hikmah. Oleh itulah, penelitian ini bermaksud untuk mengkaji lebih jauh tentang bagaimana unsur-unsur magis dan ilmu hikmah dalam penglaris dan bagaimana praktek pengamalan penglaris dalam ilmu hikmah menurut perspektif kyai ilmu hikmah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode penalaran induktif, bersumber pada buku-buku, yang diperkuat dengan wawancara pada narasumber yang berkaitan dengan judul skripsi ini, dan disertakan bukti dokumentasi foto, rekaman, dan sebagainya.
Sehingga yang didapat penulis adalah kewajaran sifat manusia yang menginginkan apa yang dikehendakinya terwujud, terlepas bagaimana dengan cara yang digunakan, Peneliti berharap semoga hasil penelitian ini menjadi kontribusi positif bagi khazanah keilmuan Islam, terutama dalam bidang ilmu hikmah yang memang pengkajian dan penelitian dalam bidang ini masih sangat jarang dilakukan. Selain itu juga sebagai salah satu bentuk syiar kekayaan khazanah keislaman yang bersifat positif sekaligus diharapkan dapat menepis prasangka negatif terhadap ilmu hikmah yang kadang kalanya masih dianggap sebagai amalan bid’ah, syirik dan prasangka lainnya yang menyimpang dari konteks keislaman, karena tidak semua hal-hal yang bersifat adikodrati atau diluar nalar pikiran itu bersifat demikian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasyim, Rusyda Nur Banirusyda.banihasyim@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Penglaris; Ilmu Hikmah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hasyim Rusyda Nur Bani
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:51
Last Modified: 09 Feb 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22570

Actions (login required)

View Item View Item