Studi kasus penggunaan rumah tinggal sebagai tempat ibadah bagi umat Kristen Batak Protestan di Pondok Benowo Indah, Babat Jerawat, Pakal, Surabaya: tinjauan terhadap konflik antarumat beragama dalam perspektif Ralf Dahrendorf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Fauziah Nur (2018) Studi kasus penggunaan rumah tinggal sebagai tempat ibadah bagi umat Kristen Batak Protestan di Pondok Benowo Indah, Babat Jerawat, Pakal, Surabaya: tinjauan terhadap konflik antarumat beragama dalam perspektif Ralf Dahrendorf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fauziah Nur Aini_E01213019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji konflik antarumat beragama yang terjadi di Pondok Benowo Indah Surabaya terhadap penggunaan rumah tinggal sebagai tempat ibadah. teknik yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Terdapat beberapa factor penyebab atas penggunaan rumah tinggal sebagai tempat ibadah tersebut dan memberikan dampak yang berkepanjangan, Atas Ketidak setujuan warga menggunakan rumah tinggal sebagai tempat ibadah kegiatan tersebut telah di bubarkan karena tidak sesuai dengan hukum tentang pendirian rumah ibadah. Sedangkan dampak yang di alami oleh pemeluk agama Kristen Batak Protestan meraka tidak dapat melakukan ibadahnya kembali di rumah tersebut. Jika dikaitkan dengan teori konflik Ralf Dahrendrof, kasus ini sesuai dengan pemikirannya mengenai kekuasaan dan wewenang. Dimana masyarakat yang telah mendapatkan kekuasaan karena mendapatkan dukungan lebih besar. Sedangkan wewenang berhubungan dengan posisi, posisi subordinasi (posisi bawah) yang di alamai oleh pemeluk agama Kristen Batak Protenstan harus tunduk terhadap sebuah aturan yang telah di berikan kepada superordinasi (Posisi atas) yaitu peraturan yang telah di tetapkan oleh mereka yang berkuasa. Oleh karena itu dikeluarkannya PBM No 9 dan 8 tahun 2006 tentang pendirian rumah ibadah masih menimbulkan beberapa implikasi, diantaranya: 1) memunculkan kesulitan beribadah untuk umat Kristen Batak Protestan di Surabaya, 2) memicu konflik antarumat beragama, 3) terjadinya tumpang tindih status agama dan keberagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Fauziah Nurfauziahnuraini010@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Konflik sosial
Kerukunan Beragama
Keywords: Konflik; antarumat beragama; Ralf Dahrendrorf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Aini Fauziah Nur
Date Deposited: 12 Feb 2018 04:18
Last Modified: 12 Feb 2018 04:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22569

Actions (login required)

View Item View Item