Penafsiran misbah mustofa terhadap ayat tentang bid'ah dalam tafsir al-iklil fi ma'ani al-tanzil: surat al-a'raf ayat 55-56 dan surat at-taubah ayat 31

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusnia, Maya (2018) Penafsiran misbah mustofa terhadap ayat tentang bid'ah dalam tafsir al-iklil fi ma'ani al-tanzil: surat al-a'raf ayat 55-56 dan surat at-taubah ayat 31. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maya Kusnia_E73214031.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Karya tafsir pada dasarnya mempunyai berbagai macam metode dan model penafsiran yang bermunculan. Gaya penafsiran dan metode pendekatan tafsir yang berbeda-beda diantaranya dipengaruhi oleh kondisi mufassir, pola pikir, keahlian dan teologi yang melingkupi mufassir. Dalam hal ini berkaitan dengan penggunaan bahasa dalam tafsirnya, ada yang menggunakan bahasa Arab dan juga ada berbahasa lokal (asal daerah). Salah satu karya tafsir yang lahir dalam bahasa Jawa adalah Tafsir al-Iklil fi Ma’ani al-Tanzil karya Misbah Mustofa. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk menjawab permasalahan tentang penafsiran terhadap ayat tentang bid’ah, pendekatan teori dan corak apa yang digunakan dalam penafsirannya dalam surat al-A’raf ayat 55-56 dan surat at-Taubah ayat 31. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran terhadap ayat tentang bid’ah, pendekatan teori dan corak yang digunakan mufasir dalam menafsirkan ayat tersebut. Untuk mengungkap teori yang digunakan maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kajian teori. Penelitian ini termasuk metode kualitatif yang sumber datanya di peroleh dari kepustakaan (library research) dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam menafsirkan surat al-A’raf ayat 55-56 dan surat at-Taubah ayat 31 dalam Tafsir al-Iklil fi Ma’ani al-Tanzil merujuk kepada dalil-dalil, hadis-hadis Nabi, menunjukkan perbedaan pendapat para ulama. Dan mengatakan bahwa segala perbuatan yang tidak ada pada zaman Nabi dikatakan bid’ah. Pendekatan teori yang digunakan yaitu menggunakan teori ulumul Qur’an yakni dengan munasabah, dimana mufasir mengkaitkan antara surat, ayat yang satu dengan yang lainnya. Corak yang digunakan Misbah Mustofa dalam tafsirnya dengan menggunakan corak adabi al-Ijtima’i (sosial kemasyarakatan), corak fiqih,dan corak tasawuf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusnia, MayaMayakusnia96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Bid'ah; Misbah Mustofa; al-iklil fi ma'ani al tanzil
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Kusnia Maya
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:10
Last Modified: 09 Feb 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22562

Actions (login required)

View Item View Item