Peran pimpinan FEBI dalam meningkatkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa program studi ekonomi syariah UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashfihani, Ahmad (2018) Peran pimpinan FEBI dalam meningkatkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa program studi ekonomi syariah UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Ashfihani_C04213003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran pimpinan FEBI dalam meningkatkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa prodi Ekonomi Syariah, faktor pendukung dan penghambat pimpinan FEBI terkait hal tersebut, dan perspektif mahasiswa, alumni, dan dosen terkait dengan hal tersebut. Metodelogi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi dengan pihak pimpinan FEBI yaitu pihak dekanat dan akademik FEBI, serta mahasiswa, alumni dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pimpinan FEBI terkait hal ini adalah sebagai pemimpin (Leader), penghubung (Liaison), sebagai pemberi informasi (Desseminator), dan sebagai figur (Figurehead) . Faktor pendukungnya adalah bobot SKS mata kuliah Kewirausahaan sebesar 7 SKS, adanya SDM dalam bidang kewirausahaan, minat dan semangat mahasiswa untuk berwirausaha, ide kreatif pimpinan FEBI, dan berada dalam lingkungan pendidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sedangkan faktor penghambatnya adalah pendanaan atau modal, fasilitas, serta tugas dan tanggung jawab pada 2 fakultas sekaligus. Menurut mahasiswa peran pimpinan FEBI adalah sebagai pemimpin (Leader) dan sebagai penghubung (Liaison). Menurut alumni adalah sebagai pemimpin (Leader) dan sebagai penghubung (Liaison), Dan menurut dosen adalah sebagai pemimpin (Peran) dan sebagai penghubung (Liaison). Sejalan dengan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan sebagai bahan masukan adalah sebaiknya disediakan dosen atau pembina yang secara khusus bertugas untuk mengembangkan kewirausahaan bagi mahasiswa, serta diadakannya seminar pelatihan keahlian, seperti pelatihan menjahit atau memasak, sehingga mahasiswa mempunyai bekal untuk berwirausaha.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Kewirausahaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashfihani, Ahmad120694cakhani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; motivasi; kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ashfihani Ahmad
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:58
Last Modified: 09 Feb 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22559

Actions (login required)

View Item View Item