Ikhlas dalam beramal menurut mufassir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khadijah, Nur Binti Hamrin (2018) Ikhlas dalam beramal menurut mufassir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Khadijah Binti Hamrin_E43214104.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengupas persoalan tentang ikhlas dalam beramal menurut mufassir.Ikhlas adalah melaksanakan amal kebajikan hanya semata-mata karena Allah SWT yang merupakan asbab ikhlas seseorang itu bagaikan ruh bagi segala amal yang bernilai di sisi Allah.Akan tetapi, sifat ikhlas pada saat sekarang sudah mulai pudar, karena banyak orang sudah mulai dengan sifat egonya.Seolah-olah ingin merasakan diri itu lebih baik amalnya daripada orang yang diikuti.Sehingga di akhir nanti dapat dihasilkan sebuah penjelasan tuntas dan bisa menambah kefahaman kita terhadap pandangan mufassir tentang ikhlas dalam beramal. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penafsiran tentang ikhlas dalam beramal? (2) Bagaimana kontekstualisasi konsep ikhlas dalam beramal pada fenomena kontemporer? Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu untuk memperoleh gambaran dan pemahaman yang mendalam mengenai ikhlas dalam beramal menurut mufassir.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode maudhui, yaitu metode mengumpulkan ayat-ayat Alquran yang membahas satu tema tersendiri, dan menafsirkannya secara global dengan kaidah-kaidah tertentu. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ikhlas adalah membersihkan hati dari segala kontaminasi, tidak kira sedikit ataupun banyak. Sehingga, niat bertaqarrub kepada Allah menjadi murni dan tidak ada motif untuk melakukan apa pun selain karenaNya.Kewujudan ikhlas adalah perkara yang mudah dilakukan, dan berada dalam genggaman siapa yang menginginkannya.Untuk mencapainya dapat dilakukan dengan usaha ringan tanpa bersusah payah dan tanpa bersungguh-sungguh.Padahal kenyataannya, untuk mewujudkan keikhlasan bukanlah perkara yang mudah dikarenakan hati manusia selalu berbolak-balik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khadijah, Nur Binti Hamrinkhadijahhamrin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Tasawuf
Tafsir
Uncontrolled Keywords: Ikhlas; beramal; mufassir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nur Khadijah Hamrin
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:32
Last Modified: 09 Feb 2018 09:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item View Item