Kualitas soal ujian sekolah atau madrasah (us/m) mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2016-2017 Kota Surabaya berdasarkan teori Respon Butir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nurul (2018) Kualitas soal ujian sekolah atau madrasah (us/m) mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2016-2017 Kota Surabaya berdasarkan teori Respon Butir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Hasanah_D04213028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas soal menjadi salah satu bagian yang penting dalam evaluasi pendidikan. Kualitas soal yang digunakan untuk menguji siswa sangat mempengaruhi kualitas hasil pengukuran yang pada akhirnya juga mempengaruhi hasil evaluasi pendidikan. Untuk melihat kualitas soal, dapat dilakukan dengan menggunakan analisis kualitas soal, baik secara kualitatif (teoritik) maupun kuantitatif (empiris). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal secara kuantitatif dengan teori respon butir, indikator yang dianalisis adalah reliabilitas soal, daya beda soal, tingkat kesukaran soal, dan nilai peluang menebak atau guessing dari soal.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mendeskripsikan kualitas soal berdasarkan teori respon butir dengan menggunakan bantuan program BILOG MG. Sampel yang digunakan sebanyak 200 siswa dengan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Islam Al-Amal Surabaya. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian sebagai berikut: reliabilitas soal 0,8213 masuk dalam katagori reliabel. Tingkat kesukaran dari 40 butir soal secara keseluruhan adalah -2,089 masuk kedalam katagori kurang baik. Daya beda dari 40 butir soal secara keseluruhan adalah 1,063 masuk kedalam katagori baik. Nilai peluang menebak atau guessing dari 40 butir soal secara keseluruhan adalah 0,250 masuk dalam katagori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Nurulnurul.h3028@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Tes respon butir; tingkat kesukaran; daya beda; peluang menebak atau guessing.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasanah Nurul
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:30
Last Modified: 09 Feb 2018 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22545

Actions (login required)

View Item View Item