Peningkatan Keterampilan menulis cerita dengan media poster mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Ma'arif Babatan Jati Sidoarjo

Darti, Aswi (2018) Peningkatan Keterampilan menulis cerita dengan media poster mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Ma'arif Babatan Jati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aswidarti_D77213060.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan dari dokumentasi nilai hasil belajar siswa dari pra siklus kelas V, diperoleh data sebanyak 50% dari jumlah 19 siswa mencapai KKM yang ditentukan yakni 77. Menurut fakta di lapangan yang menjelaskan bahwa guru dalam menyampaikan materi yakni dengan ceramah dan penugasan yang diterapkan dalam kegiatan belajar serta kurangnya sebuah media pendukung. Sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan media poster dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita di MI Ma’arif babatan jati sidoarjo, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerita dengan menggunakan media poster di MI Ma’arif babatan jati sidoarjo.Tindakan yang dipilih dalam menyelesaikan permasalahan yaitu dengan menggunakan media poster dengan meningkatkan keterampilan menulis cerita dalam PTK model Kurt Lewin ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi subjek penelitiannya adalah siswa kelas V MI Ma’arif babatan jati sidoarjo. Pengumpulan data diperoleh melalui dengan wawancara, observasi guru dan siswa, non tes (rubrik unjuk kerja) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media poster dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita Hal ini dibuktikkan dengan data observasi guru dan siswa pada dua siklus. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,91 menjadi 81,25 pada siklus II, dan hasil observasi aktivitas guru mendapat 75 pada siklus I dan meningkat menjadi 85,41 pada siklus II. (2) peningkatan keterampilan menulis cerita dengan menggunakan media poster pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 78 dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II peningkatan keterampilan menulis cerita dengan menggunakan media poster mendapatkan nilai rata-rata 85,89 dengan kategori baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nadlir, Nadlir
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis; media poster
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aswidarti Aswidarti
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:40
Last Modified: 09 Feb 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22544

Actions (login required)

View Item View Item