Gangguan kecemasan dalam perspektif al Qur'an: pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasrudin, M. Wahid (2018) Gangguan kecemasan dalam perspektif al Qur'an: pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Wahid Nasrudin_E93214094.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah, fenomena mengenai kecemasan yang terjadi pada setiap individu yang menimbulkan berbagai penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyajikan ayat-ayat al-Qur’an yang membahas tentang kecemasan dan cara mengatasinya dalam al-Qur’an dan kontekstualisasinya. Kecemasan merupakan perasaan campuran berisikan ketakutan dan berisi keprihatinan mengenai masa-masa yang akan datang tanpa sebab khusus untuk ketakutan tersebut. Apabila kecemasan ini hinggap cukup lama pada manusia, maka akan menyebabkan suatu gangguan kejiwaan atau biasa dikenal dengan keabnormalan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik-analisis. Pendekatan ini dilakukan untuk menjelaskan kandungan ayat-ayat al-Qur’an secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang mempunyai pengertian yang sama. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kecemasan merupakan sifat biasa yang disebabkan karena lemahnya iman setiap individu. Sifat ini dapat berkelanjutan menjadi sebuah gangguan kejiawaan jika semakin lalai terhadap perintah-perintah Allah yang sudah ditetapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasrudin, M. Wahidwahidnd02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Psikologi Islam
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Gangguan; kecemasan; al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nasrudin M. Wahid
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:13
Last Modified: 09 Feb 2018 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22541

Actions (login required)

View Item View Item