Peningkatan hasil belajar al Qur'an Hadits materi isi kandungan surat al Ma'un melalui pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping di Kelas V MI Fathul Ulum Jetis Mojokerto

Umami, Nafisatul (2018) Peningkatan hasil belajar al Qur'an Hadits materi isi kandungan surat al Ma'un melalui pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping di Kelas V MI Fathul Ulum Jetis Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nafisatul Umami_D77214069.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik pada pelajara Al-Qur’an Hadits Materi isi kandungan surat Al-Ma’un. Guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu ceramah pada mata pelajaran tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi isi kandungan surat Al-Ma’un. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Isi Kandungan Surat Al-Ma’un di Kelas V MI Fathul Ulum Jetis Mojokerto?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Isi Kandungan Surat Al-Ma’un melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Mapping di Kelas V MI Fathul Ulum Jetis Mojokerto?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Concept Mapping berjalan dengan baik melalui perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil peningkatan aktifitas guru dan aktifitas peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktifitas guru memperoleh nilai 69,7 dengan kategori cukup, kemudian pada pada siklus II meningkat menjadi 85,5 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai aktifitas peserta didik pada siklus I yaitu 77,1 dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 97,9 dengan kategori sangat baik. (2) Peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi isi kandungan surat Al-Ma’un mendapatkan nilai rata-rata hasil tes pada siklus I 76,3, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86 dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mendapatkan 76,37%, dengan kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,94% dengan kategori sangat baik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mas'ud, Sulthon
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif; concept mapping;, pemahaman
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umami Nafisatul
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:31
Last Modified: 09 Feb 2018 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22539

Actions (login required)

View Item View Item