Implementasi akad ijarah pada pembiayaan pernikahan: studi kasus di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariroh, Siti (2018) Implementasi akad ijarah pada pembiayaan pernikahan: studi kasus di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Bariroh_G04214031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Akad Ijarah pada Pembiayaan Pernikahan (Studi Kasus di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur)” ini ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana implementasi akad akad ijarah pada pembiayaan pernikahan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur dan bagaimana perhitungan ujrah akad ijarah pada pembiayaan pernikahan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pola induktif. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi akad ijarah pada pembiayaan pernikahan di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur, objek yang disediakan KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timuradalah berupa uang (dana) untuk keperluan pernikahan, selanjutnya anggota mencari kebutuhan pernikahan dan membayarkan sendiri kepada pihak ketiga selaku penyedia jasa. Hal tersebut dilakukan karena KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur belum bekerjasama dengan penyedia jasa dan belum mampu membeli sendiri peralatan pernikahan. Untuk perhitungan dan penentuan ujrah akad ijarah di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur ditentukan dan disepakati di awal. Penentuan dan perhitungan ujrah di KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur adalah menggunakan prosentase, untuk memudahkan dalam perhitungannya, sedangkan yang disampaikan kepada anggota adalah dalam bentuk nominal angka.Bagi anggota yang terlambat dalam melakukan pembayaran angsuran dikenakan denda sebesar Rp. 1.000.- untuk setiap hari keterlambatan, namun ada juga anggota yang tidak membayar denda meskipun terlambat dalam pembayaran angsuran. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat menjadi masukan pada KSPPS Sri Sejahtera Jawa Timur yaitu melakukan mitra dengan penyedia jasa dan membayarkan uang sewa tunai kepada mitra, baru kemudian menyewakan kembali kepada anggota dengan pembayaran secara angsuran, menambahkan pernyataan perwakilan (wakalah) kepada anggota secara tertulis dalam kontrak perjajian, dan mengingatkan anggota yang tidak membayar denda keterlambatan karena denda tersebut adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariroh, Sitisitibariroh3496@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Koperasi
Keywords: Ijarah; Ujrah; Pembiayaan; Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Bariroh Siti
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:14
Last Modified: 12 Mar 2018 00:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22516

Actions (login required)

View Item View Item