Konflik industrialisasi di Desa Lakardowo Kabupaten Mojokerto dalam perspektif politik lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rayyan, Muhaimin (2018) Konflik industrialisasi di Desa Lakardowo Kabupaten Mojokerto dalam perspektif politik lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhaimin Rayyan_E84212081.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus masalah penelitian yaitu Bagaimana deskripsi industrialisasi dan permasalahan lingkungan di desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, serta Bagaimana dinamika konflik yang muncul antara warga dan pelaku industri di desa Lakardowo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode triangulasi sumber sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah Beberapa warga yang dapat mewakili seluruh warga desa Lakardowo antara lain Tokoh Agama sekaligus tetua masyarakat lakardowo, Aktivis dari organisasi Pendhowo Bangkit, dan yang terakhir mantan kepala desa Lakardowo serta Pihak yang setuju atau pelaku industri dari PT. Putra Restu Ibu Abadi (PT PRIA). Teknik yang digunakan dalam pemilihan informan menggunakan Purpossive Sampling dengan memilih Tokoh masyarakat, masyarakat umun, kepala sekolah, koordinator Masyarakat. Penelitian ini menghasilkan temuan, yaitu Proses industrialisasi yang dilakukan oleh PT PRIA memiliki beberapa kejanggalan kemudian dalam proses nya juga menyebabkan banyak dampak seperti Menurunya kualitas air bawah tanah di desa Lakardowo, yang pada awalnya memiliki TDS sebesar 500 kemudian hingga saat ini mencapai angka 2000. Menurunnya kualitas udara bersih, Menurunnya kualitas dan kuantitas dari hasil petani di desa Lakardowo, dan Timbulnya berbagai keluhan penyakit pada warga Desa Lakardowo. dan kemudian Berkurangnya tingkat kebersihan lingkungan. Temuan lain dalam penelitian ini adalah adanya konflik sosial yang terjadi diantara masyarakat warga desa Lakardowo yaitu, Konflik pada bidang keagamaan, Konflik dalam bidang Pendidikan, Konflik antar saudara sekandung, Konflik dalam bidang percintaan dan Konflik antar kepentingan warga

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rayyan, Muhaiminelekkacung@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Konflik sosial
Lingkungan Hidup
Politik
Uncontrolled Keywords: Industrialisasi; konflik lingkungan; teori politik hijau
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Rayyan Muhaimin
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:36
Last Modified: 12 Feb 2018 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22512

Actions (login required)

View Item View Item