Analisis peran zakat produktif program EMAS (Ekonomi Masyarakat) lembaga manajemen infaq cabang Surabaya dalam meningkatkan skala usaha dan kesejahteraan mustahik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Rizky (2018) Analisis peran zakat produktif program EMAS (Ekonomi Masyarakat) lembaga manajemen infaq cabang Surabaya dalam meningkatkan skala usaha dan kesejahteraan mustahik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Amalia_C74213145.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Peran Zakat Produktif Program EMAS (Ekonomi Masyarakat Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya dalam Meningkatkan Skala Usaha dan Kesejahteraan Mustahik” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana mekanisme zakat produktif program EMAS (Ekonomi Masyarakat) Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya dan bagaimana peran zakat produktif program EMAS (Ekonomi Masyarakat) Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya dalam meningkatkan skala usaha dan kesejahteraan mustahik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dan dianalisis secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan Kepala Bagian Pendayagunaan dan 10 orang mustahik binaan Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Mekanisme zakat produktif Program EMAS (Ekonomi Masyarakat) KUBerdaya Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya dengan melakukan 6 aspek prosedur pendayagunaan zakat untuk aktivitas-aktivitas produktif sudah baik tetapi belum sepenuhnya optimal. Dikarenakan dari keenam prosedur yang dilakukan LMI, Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya hanya menekankan dua aspek yaitu melakukan evaluasi dan membuat laporan. Dan untuk peran zakat produktif Program EMAS (Ekonomi Masyarakat) KUBerdaya adalah dengan diberikannya zakat produktif berupa bantuan modal oleh Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya mengakibatkan semakin berkembangnya usaha mustahik dan semakin maju meskipun usaha mustahik skala usahanya belum bisa dikatakan meningkat dari usaha mikro kecil menjadi usaha menengah atau besar, dan juga peranannya dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik belum sepenuhnya optimal. Saran yang diberikan adalah dalam melakukan studi kelayakan atau survei, Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya hendaknya lebih teliti dan mempertimbangkannya lagi untuk memberikan bantuan modal usaha kepada mustahik yang memang pekerjaan utamanya berdagang atau berwirausaha dan mengalami kekurangan modal dan proses konfirmasi diterima atau tidaknya permohonan pengajuan bantuan modal usaha kalau bisa dipercepat lagi serta kegiatan pembinaan dan pelatihan hendaknya lebih dioptimalkan lagi dan dilakukan secara konsisten oleh pihak Lembaga Manajemen Infaq Cabang Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Rizkyamaliakirei100@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Zakat
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; Skala Usaha; Kesejahteraan Mustahik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amalia Rizky
Date Deposited: 09 Feb 2018 06:19
Last Modified: 09 Feb 2018 06:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22511

Actions (login required)

View Item View Item