Dimensi sufistik dalam suluk Syaikhana Muhammad Khalil Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholil, Abdul Munim (2017) Dimensi sufistik dalam suluk Syaikhana Muhammad Khalil Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Munim Cholil_F02115031.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Syaikhana Muhammad Khalil bagi warga Madura dan NU khususnya, dipandang sebagai jimat.KharismaSyaikhana sejajar dengan maha guru Nusantara lainnya:Syeikh Nawawi Banten, Abdus Shamad al-Falimbani, Mbah Shaleh Darat Semarang, Khatib Sambas dst.Para akhir abad 19 memasuki abad 20, nama Syaikhana Khalil masuk dalam daftar ulama yang tak bisa diabaikan signifikansinya.Hampir semua pelajar (santri) Jawa-Madura ketika itu pasti berguru padanya. Semua pengagum dan peneliti tentangnya hampir sepakat tentang perilaku Syaikhana sebagai perilaku kaum sufi.Karena sesungguhnya realitas ini adalah menifestasi dari perilaku semua ulama pesantren masa itu.Tirakat sudah menjaditradisidan identitas kiai pesantren.Sayangnya, peran sentral Syaikhana dalam mendidik generasi emas kiai Madura-Jawa tak menyisakan konstruksi pemikiran tasawufnya secara utuh.Konsep, ajaran dan perilakunya terpendam dalam tumpukan kisah-kisah kekeramatannya yang melegenda.Tesis ini berusaha merekonstruksi pemikiran dan ide sufistik Syaikhana.Sehingga ketokohannya bisa benar-benar diteladani melalui rekam jejaknya. Kerumitan dan kesulitan dalam membaca dan merekonstruksi sosok Syaikhana tak lepas dari figurnya yang memang khumūl (menghindari popularitas) serta tidak adanya karya ilmiah yang ditulisnya, selain dua kitab fikih.Namun bukan berarti tidak bisa merekonstruksi pemikiran dan ide sufistiknya karena ada satu pintu terbuka, berupa suluk sufi Syaikhana.Melalui pintu inilah, penulis mencoba mendekati sosok Syaikhana demi menguak gagasan, ajaran dan prinsip yang diimaninya.Kata Kunci: Sufistik, Suluk, Syaikhana Khalil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholil, Abdul Munimmunimkholil@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Tasawuf; Khalil Bangkalan
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Cholil Abdul Munim
Date Deposited: 09 Feb 2018 06:11
Last Modified: 09 Feb 2018 06:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22507

Actions (login required)

View Item View Item