Analisis penilaian bank terhadap kelayakan nasabah pembiayaan Murabahah di BRI Syariah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Afgan Firismanda (2018) Analisis penilaian bank terhadap kelayakan nasabah pembiayaan Murabahah di BRI Syariah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afgan Firismanda Akbar_C74213084.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penilaian Bank Terhadap Kelayakan Nasabah Pembiayaan Murabahah di BRI Syariah Sidoarjo” ini adalah hasil penelitian pustaka untuk menjawab dua pertanyaan: bagaimana prosedur pemberian pembiyaan murabah}ah pada Bank BRI Syari’ah Sidoarjo?, dan bagaimana menilai kelayakan nasabah pembiyaan murabah}ah untuk meminimalisir pembiyaan bermasalah pada Bank BRI Syari’ah Sidoarjo?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan studi dokumen. Data penelitian dihimpun melalui dokumen akad mura>bah}ah dalam pembiayaan dan wawancara langsung dengan pihak bank, mengumpulkan data yang didasarkan atas literatur, laporan atau publikasi yang ada berdasarkan penelitian-penelitian lain yang sesuai dan dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif-deduktif.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Sidoarjo, dalam menilai kelayakan nasabah dalam pembiayaan mura>bah}ah, bank menggunakan prinsip 5c (character, capability, capital, collateral, dan condition of economy) dalam analisis pembiayaan komersial dan konsumtif. Penilaian character bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat pribadi, kebiasaan-kebiasaan, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobi calon debitur, penilaian capability bertujuan mengetahui kemampuan calon debitur untuk melunasi tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati untuk membayar pembiayaannya, penilaian capital untuk mengetahui besarnya modal yang dimiliki oleh calon debitur, penilaian collateral untuk mengetahui nilai jaminan yang disertakan sebagai sumber pembayaran kedua, penilaian condition of economy untuk mengetahui kondisi yang berkaitan langsung dengan prospek calon debitur kedepannya. Penerapan prinsip 5c dalam menilai calon debitur sangat penting dilakukan dalam prosedur pemberian pembiayaan mura>bah}ah supaya dijadikan bahan antisipasi atas terjadinya pembiayaan bermasalah yang mungkin bisa terjadi di Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Peneliti mengharapkan Bank Rakyat Indonesia Syariah Kantor Cabang Sidoarjo lebih teliti dalam menganalisa data nasabah dengan prinsip kehatian-hatian yang diterapkan dalam prinsip syariah agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Penulis ingin memberikan saran bahwa selain analisis 5C yang ada di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Sidoarjo adalah Caracter, Collateral, Capital, Capacity, Condition, dan ditambah dengan 1S yaitu Syariah. Dengan adanya 1S bertujuan untuk menerapkan prinsip syariah. Kata kunci : BRISyariah Kantor Cabang Sidoarjo, Mura>bah}ah, Prinsip 5c.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Afgan Firismandaafganfirismanda_akbar@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Kelayakan nasabah; pembiayaan murabahah;
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Akbar Afgan Firismanda
Date Deposited: 09 Feb 2018 06:43
Last Modified: 09 Feb 2018 06:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22503

Actions (login required)

View Item View Item