Konsep feminisme perspektif Nawal el Saadawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Binti Niswatul (2018) Konsep feminisme perspektif Nawal el Saadawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Binti Niswatul Mufidah_E01213116.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Judul yang penulis ambil untuk dijadikan sebuah penelitian, yang mana permasalahan-permasalahan ini lebih memperhatikan tentang perempuan yang ada di masyarakat dalam segi sosialnya. Perempuan yang selalu identik dengan mengerjakan pekerjaan di sektor domestik, adanya pelabelan terhadap perempuan, adanya kekerasan fisik maupun mental dalam keluarga. Dengan berbagai permasalahan tersebut, tanpa disadari bahwa hal itu telah masuk ke dalam kehidupan masyarakat, sehingga mereka menganggap bahwa yang perempuan harus berada dirumah untuk mengelola rumah atau tidak dizinkan untuk berkecimpung di sektor publik merupakan kodrat bagi perempuan. Permasalahan di atas telah ditulis dan digambarkan dalam karya-karya fiksi Nawal El Saadawi. Bagaimana perempuan mampu bangkit dan berdiri sendiri untuk melawan kekuasaan laki-laki. Nawal El Saadawi mencoba membuka mata jutaan di seluruh dunia untuk melihat bagaimana nasib perempuan selama ini. Dengan penuh keberanian dan semangat yang berkobar-kobar, Saadawi menuliskan itu semua dalam karya-karya fiksinya. Menunjukkan bahwa perempuan harus sadar, berani, melawan, serta menolak kekuasaan laki-laki jika ingin mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Keberanian, perlawanan serta penolakan tehadap kekuasaan dilakukan guna untuk mendapatkan kesetaraan yang sama dengan laki-laki, serta memperoleh hak-hak mereka sebagai manusia. Hal itulah yang membuat penulis tertarik untuk membahas konsep feminisme perspektif Nawal El Saadawi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Binti Niswatulbinttiniswa1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Gender
Uncontrolled Keywords: Nawal El Saadawi; feminisme; kedudukan perempuan; hak-hak asasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Mufidah Binti Niswatul
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:43
Last Modified: 09 Feb 2018 08:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22488

Actions (login required)

View Item View Item