Analilis pengelolaan dana tabarru' dalam produk Asuransi Mitra iqra' di AJB Bumiputera 1912 divisi Syariah cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Risa Nur Eka (2018) Analilis pengelolaan dana tabarru' dalam produk Asuransi Mitra iqra' di AJB Bumiputera 1912 divisi Syariah cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Risa Nur Eka sari_C74213141.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengelolaan Dana Tabarru’ Dalam Produk Asuransi Mitra Iqra’ di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo”. Ini adalah penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana pengelolaan dana tabarru’ di AJB Bumiputera syariah 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo, bagaimana analisis pengelolaan dana tabarru’ pada asuransi mitra iqra’ di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung dengan informan, dalam penelitian ini yaitu pihak AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengelolaan dana peserta yang ada di AJB Bumiputera 1912 Divisi Syariah Cabang Sidoarjo dalam pengelolaannya dibagi menjadi dua rekening yaitu rekening dana peserta dan rekening dana tabarru’. Dalam mekanisme pengelolaannya menggunakan akad mudharabah sebagai bagi hasil investasinya, dengan proporsi bagi hasil 30% untuk perusahaan asuransi dan 70% untuk peserta. Dalam pengelolaan dana tabarru’ juga menggunakan prinsip ta’awun. Prinsip ta’awun yaitu prinsip saling tolong-menolong antara peserta asuransi. Pelaksanaan mekanisme pengelolaan dana tabarru’ di AJB Bumiputera 1912 mengggunakan akad mudharabah dan akad tabarru’ dengan prinsip ta'awun (tolong-menolong). Kedepannya perusahaan asuransi syariah dalam melakukan pengelolaan dana tabarru’ dan dana investasi lebih baik lagi. karena hal ini berperan untuk mengenalkan perbedaan antara asuransi konvensional dan syariah. Dan asuransi Bumiputera Syariah agar dapat menjadi inspirasi atau contoh bagi perusahaan asuransi syariah lainnya untuk masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Risa Nur Ekarisanurekasari@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Uncontrolled Keywords: Dana tabarru’; Pengelolaan; Asuransi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sari Risa Nur Eka
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:10
Last Modified: 09 Feb 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22486

Actions (login required)

View Item View Item