Peran PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep dalam upaya pembangunan ekonomi daerah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep dalam perspektif ekonomi syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badrussyamsi, Badrussyamsi (2017) Peran PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep dalam upaya pembangunan ekonomi daerah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep dalam perspektif ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Badrussyamsi_C04212050.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Peran PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Dalam Upaya Pembangunan Ekonomi Daerah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep sebagai salah satu BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Kabupaten Sumenep dalam pembangunan ekonomi Daerah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep dalam perspektif ekonomi syariah. Metodeologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada informan, serta data-data dokumen yang ada di PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Kemudian data tersebut diolah dan dianalisis, diteliti, dan disimpulkan dengan pola induktif sehingga pemecahan persoalan atau solusi tersebut dapat berlaku secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BPRS Bhakti Sumekar sangat berperan penting untuk pembangunan ekonomi masyarakat Gapura, terbukti dana CSR (Corporate Social Responsibility) total penyalurannya dalam satu tahun mencapai sebesar Rp 472.305.400,-. CSR tersebut untuk membantu antar sesama dengan harta yang dimiliki perusahaan. Sumber dana CSR tersebut diambil dari 2,5% berasal dari dana yang dicadangkan dari total laba bersih perusahaan, sehingga PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep sangat bertanggungjawab terhadap sosial masyarakat dengan disalurkannya dana CSR terhadap berbagai kegiatan seperti bantuan dana pendidikan, bantuan dana kesehatan, tunjangan ekonomi masyarakat, bantuan tenda pasar, serta bantuan terhadap pembangunan masjid dan madrasah. Selain dana CSR, PT.BPRS Bhakti Sumekar Sumenep juga sangat berkontribusi besar terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Sumenep yaitu Rp. 5,938,246,000-, pada tahun 2016, sehingga dalam prakteknya segala kegiatan funding atau leanding BPRS Bhakti Sumekar Sumenep sudah sesuai dengan teori ekonomi syariah yaitu: menempatkan ibadah kepada Allah lebih dari segalanya, menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat. Dengan selesainya penulisan skripsi ini, penulis memberikan saran bahwa pihak PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep harus senantiasa meningkatkan usahanya dalam membangun perekonomian masyarakat Sumenep baik melalui produk funding atau leanding secara merata sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kabupaten Sumenep. Pihak Pemerintah Kabupaten Sumenep harus ikut andil dalam mengkawal proses dan kinerja PT. BPRS Bhakti Sumekar Sumenep demi tercapainya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sumenep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badrussyamsi, Badrussyamsisyamsi421@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Kontribusi; BPRS Bhakti Sumekar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Badrussyamsi Badrussyamsi
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:05
Last Modified: 09 Feb 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22459

Actions (login required)

View Item View Item