Pengaruh distribusi bantuan ternak dana zakat Baznas Gresik terhadap ekonomi mustahiq di desa Tempel Wedani kecamatan Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Eko Wahyu (2018) Pengaruh distribusi bantuan ternak dana zakat Baznas Gresik terhadap ekonomi mustahiq di desa Tempel Wedani kecamatan Cerme Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eko Wahyu Ramadhan_C04213018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Pengaruh Distribusi Bantuan Ternak Dana Zakat Baznas Gresik di Desa Tempel Wedani Cerme Gresik” ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah distribusi bantuan ternak dana zakat Baznas Gresik mempengaruhi ekonomi mustahiq dalam mensukseskan program Gresik Berdaya Baznas Gresik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, dan wawancara secara langsung dengan responden, dimana responden dalam penelitian ini adalah para mustahiq penerima bantuan zakat ternak Baznas Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 42.7% yang mempengaruhi distribusi zakat terhadap ekonomi mustahiq, dimana hasil itu adalah hasil kuesioner dari yang disebarkan ke 20 mustahiq, pemikiran para mustahiq yang menganggap bahwa program distribsui zakat ternak Baznas Gresik mampu mengentaskan kemiskinan khususnya di Desa Tempel Wedan Cerme Gresik, dari hasil pengujian uji t ditemukan konstanta Y yang diperoleh adalah sebesar 12,475 yang artinya jika distribusi ternak (X) = 0 maka ekonomi mustahiq (Y) nilainya positif 12,475 + 0,893, dan nila Rsquareadalah 0,427 yang artinya 42,7% berpengaruh positif terhadap ekonomi mustahik. Dari hasil diatas dapat diketahui bahwa program Baznas Gresik mengenai zakat ternak memberikan pengaruh yang sangat signifikan jika kita lihat dari hasil penghitungan dalam penelitian ini, dan didapatkan nilai 42,7% pengaruh distribusi ternak terhadap ekonomi mustahik, hasil ini sangat sugnifikan juga jika dilihat di lapangan, bahwa masyarakat penerima bantuan zakat ternak ini sudah mampu mencukupi kebutuhan masing-masing, masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki lapangan pekerjaan, setelah adanya banuan zakat ternak Baznas Gresik sekarang mampu bekerja dan dapat meningkatkan dan memenuhi kebutuhan ekonominya. Selanjutnya untuk lembaga agar lebih mampu lagi untuk terus meningkatkan dan memaksimalkan program distribusi zakat ternak, demi mengentaskan kemiskinan di wilayah Gresik dan juga di Indonesia ini dan juga diharapkan perlu adanya pendampingan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Eko Wahyueko.wahyur1602@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Amil Zakat
Uncontrolled Keywords: Baznas; ekonomi mustahiq; zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ramadhan Eko Wahyu
Date Deposited: 09 Feb 2018 07:44
Last Modified: 09 Feb 2018 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item View Item