Kepercayaan pedagang Sapi di pasar Lenteng Kabupaten Sumenep terhadap takdir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzanni, Muzanni (2017) Kepercayaan pedagang Sapi di pasar Lenteng Kabupaten Sumenep terhadap takdir. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muzanni_F11213114.pdf

Download (11MB)

Abstract

Orang Madura terkenal dengan keuletannya dalam mencari rezeki. Mereka bukan hanya dianggap pandai dalam menemukan peluang usaha, tetapi mereka juga dikenal mampu menekuni satu bidang pekerjaan sampai tuntas, serta tidak memilih-milih jenis pekerjaan. Mulai dari pekerjaan paling remeh, seperti kuli, besi tua hingga bisnis usaha sate. Salah satu fenomena yang sangat menarik untuk diteliti adalah terkait apa yang menjadi prinsip yang melatarbelakangi mereka sangat tekun dalam satu bidang pekerjaan, sehingga pantang pindah haluan pada bidang usaha lain, sekalipun jenis pekerjaan tersebut terbilang kurang potensial menurut ukuran yang normal. Karena itu, penelitian dalam tesis ini berusaha menemukan apa yang sikap pikir orang Madura di balik sikap mereka pada satu pekerjaan. Dalam hal ini, peneliti ingin mengetahui, apakah mereka dalam bergadang, karena keyakinannya atas takdir, ataukah sebab keyakinan mereka dalam menekuni dunia usaha tersebut. Lebih jauh, peneliti ingin mengetahui dalam konteks sikap pikiran dalam aliran Jabariah dan aliran Qadariah, apakah di balik keuletannya tersebut orang Madura berpandangan bahwa semua itu merupakan suatu takdir yang diberikan oleh Tuhan, sehingga mereka pindah haluan ketika menekuni satu bidang pekerjaan? Ataukah sebaliknya, keuletan tersebut sebab terdorong oleh keyakinan mereka atas kemampuan dalam diri mereka?. Secara spesifik, penelitian memilih salah satu jenis usaha yang paling digemari oleh orang Madura, yaitu bisnis di bidang perdagangan sapi. Penelitian ini dilakukan di pasar sapi yang terletak di kecamatan Lenteng, Sumenep. Metode yang digunakan pendekatan paradigma fenomenologis dengan metode kualitatif. Karena metode ini dipandang sebagai prosedur penelitian yang dapat menghasilkan data deskriptif, berupa perilaku sosial maupun budaya. Hasil akhir dari penelitian ini menemukan jika dianalisis dari konsep takdir dalam teori aliran Jabariah dan Qadariah, para pedagang sapi tersebut berada pada teori kedua aliran tersebut, yaitu keyakinan atas takdir Tuhan yang digariskan pada mereka di bidang usaha sapi, dan di sisi lain, mereka juga punya keyakinan tentang pentingnya terus berusaha dan bekerja keras agar sukses dalam dunia usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzanni, Muzannimuz_anni@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Dagang
Teologi
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan; pedagang Sapi; takdir
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Muzanni Muzanni
Date Deposited: 08 Feb 2018 08:10
Last Modified: 08 Feb 2018 08:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item View Item