Analisis Sharia Compliance pada produk penjaminan kafalah pembiayaan Tajir Plus di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sabilarrosyda, Uzlifah (2018) Analisis Sharia Compliance pada produk penjaminan kafalah pembiayaan Tajir Plus di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Uzlifah Sabilarrosyda_C04213062.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang mekanisme pelaksanaan produk penjaminan kafalah pembiayaan tajir plus dan analisis sharia compliance pada produk penjaminan kafalah pembiayaan tajir plus di PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KPS Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara langsung dengan staff bidang operasional dan kepala kantor pemasaran syariah (KPS) Surabaya serta didukung dengan beberapa dokumen yang berkaitan dengan penelitian, seperti peraturan perundang-undangan, fatwa, dan website resmi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis menyimpulkan bahwa dalam menjalankan kegiatan penjaminan, PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah menggunakan akad Kafa>lah bil ujrah sesuai dengan yang ditentukan oleh Dewan Syariah Nasional, yaitu pada Fatwa DSN No. 74/DSN-MUI/I/2009 tentang Penjaminan Syariah, termasuk penerapan dalam produk Penjaminan Kafalah Pembiayaan Tajir Plus. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditekankan kembali mengingat salah satu rukun dan syarat makful ‘anhu yaitu dikenal oleh penjamin dan sanggup menyerahkan tanggungannya kepada penjamin. Karena pada praktiknya, pada saat akad pemberian pembiayaan pihak bank syariah tidak mengatakan kepada nasabah bahwa pembiayaan yang ia ajukan akan dijaminkan pada lembaga penjaminan pembiayaan syariah, melainkan hanya memberi tahukan bahwa akan ada asuransi jiwa dan kebakaran yang menjaminnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sabilarrosyda, Uzlifahuzlifahrosyda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: sharia compliance, kafalah, penjaminan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sabilarrosyda Uzlifah
Date Deposited: 09 Feb 2018 03:33
Last Modified: 09 Feb 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22426

Actions (login required)

View Item View Item