Analisis Biaya Penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan pelunasan produk Gadai Emas dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Alfidnita (2018) Analisis Biaya Penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan pelunasan produk Gadai Emas dalam meningkatkan loyalitas nasabah di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfidnita Rahmawati_C74213086.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk lebih memahami mengenai salah satu produk yang ditawarkan oleh pegadaian syariah kantor cabang sidoarjo yaitu produk gadai emas. Selain itu juga untuk mengetahui apakah biaya penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan pelunasan pada produk gadai emas dalam meningkatkan loyalitas nasabah di pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo baik nasabah baru maupun nasabah yang sudah bertahun-tahun. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan sumber data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara terhadap pihak-pihak nasabah pegadaian syariah, melakukan observasi lapangan dan data sekunder dihimpun melalui studi dokumen yang di miliki pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo, selanjutnya penelitian ini di paparkan serta dianalisis antara teori yang diangkat dengan pelaksanaan dan data observasi lapangan yang diperoleh. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo yang menggunakan produk gadai emas. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa biaya penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan pelunasan produk gadai emas yang di bebankan kepada nasabah sangat berpengaruh terhadap loyalitas nasabah gadai emas karena rendahnya biaya penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan yang telah dikenakan pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo meringankan beban pinjaman dari barang yang digadaikan selain itu keramah tamahan pihak pegadaian juga berpengaruh terhadap nasabah. Sehingga nasabah merasa sangat terbantu dalam menggadaikan emas karena sangat meringankan beban nasabah dalam menggadaikan emas dan sangat nyaman melakukan transaksi di pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pihak pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo lebih terbuka dalam menjelaskan biaya penitipan (ujrah) dan denda keterlambatan pelunasan produk gadai karena banyak sebagaian nasabah ataupun nasabah baru tidak mengetahui perhitungan biaya penitipan dan denda keterlambatan pelunasan produk gadai emas pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Alfidnitaalfidnitar@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Gadai
Keywords: Biaya penitipan; denda pelunasan keterlambatan; loyalitas nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmawati Alfidnita
Date Deposited: 08 Feb 2018 07:08
Last Modified: 09 Feb 2018 03:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item