Konsep Tuhan perspektif Maulana Makhdum Ibrahim: studi kitab bonang dan suluk wujil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfadhilah, Jauharotina (2018) Konsep Tuhan perspektif Maulana Makhdum Ibrahim: studi kitab bonang dan suluk wujil. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Jauharotina Alfadhilah_F020115034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandangan manusia mengenai Tuhan kerap kali memacu mereka untuk dapat merefleksikan apa yang mereka imani dengan sesekali bertanya mengenai apa gerangan paham Tuhan yang dapat menggerakkan kehidupan religiusnya. Seiring dengan adanya fakta bahwa setiap orang hanya dapat merefleksikan imannya sendiri karena apa yang mereka imani merupakan aspek-aspek dari pengalaman religius, menjadikan setiap orang memiliki deskripsi masing-masing dalam mengkonsep dan merepresentasikan Tuhan, meski mereka memeluk satu agama yang sama. Dalam hal ini penulis akan melihat dari sisi Maulana Makhdum Ibrahim. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis langsung merujuk kepada kitab Maulana Makhdum Ibrahim yang berisikan pemikirannya perihal pengetahuan tentang Islam dan Tasawuf, yaitu Primbon Bonang dan Suluk Wujil. Untuk dapat mengetahui bagaimana konsep Tuhan perspektif Sunan Bonang dari kedua naskah itu, penulis menggunakan metode hermeneutik teori. Penulis menyimpulkan bahwa Sunan Bonang dalam pemikiran teologisnya banyak terpengaruh oleh Al-Ghazali, begitu pula dalam pengkonsepan Tuhan. Tuhan bagi Sunan Bonang adalah Dia Yang Esa, yang memiliki sifat kekal, sempurna dan abadi. Sifat-sifat Tuhan sama sekali bukanlah Dzat-Nya. Sifat-sifat tersebut berada di luar Dzat-Nya, namun tidak lain dari Dzat-Nya. Sifat Tuhan ada dan Agung dalam keberadaan-Nya. Mengenai eksistensi Tuhan, Sunan Bonang beranggapan bahwa Tuhan adalah transenden, meski terkadang ia mengamini imanensi Tuhan dengan memberikan batasan-batasan sehingga menjauhkannya dari kata panteisme.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfadhilah, Jauharotinadhielz90@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Teologi
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Primbon Bonang; Suluk Wujil; konsep Tuhan; Sunan Bonang
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Alfadhilah Jauharotina
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:46
Last Modified: 08 Feb 2018 04:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item