Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silviana, Dewi (2018) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Silviana_C74213094.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab tentang faktor-faktor minat nasabah non muslim dan faktor yang paling dominan dalam menjadi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan factor analysis. Peneliti menggunakan objek di pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo. Pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner dan mewawancarai dengan informan dalam penelitian ini yaitu nasabah non muslim di pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah faktor-faktor yang menjadi minat nasabah non muslim terdapat tiga faktor yaitu faktor 1 terdiri dari indikator, lokasi yang mudah ditemukan, citra pegadaian syariah cabang Sidoarjo, popularitas pegadaian syariah cabang Sidoarjo, penjualan pribadi (personal selling), kekurangan dana untuk pribadi, kekurangan dana untuk usaha/bisnis, produk-produk pegadaian yang beragam, menarik dan inovatif serta keuntungan menggunakan produk, berdasarkan data tersebut faktor ini disebut Faktor Reputasi. Faktor 2 terdiri dari indikator, dekat dengan tempat tinggal, periklanan, publisitas, biaya administrasi yang murah, pengoptimalan taksiran, rekomendasi keluarga dan rekomendasi teman/tetangga, berdasarkan data tersebut faktor ini disebut Faktor Promosi. Dan faktor 3 terdiri dari indikator, produk-produk yang bebas bunga, persyaratan yang harus dilengkapi tidak menyulitkan dan proses pencairan dana cepat dan tariff ujrah yang tidak memberatkan, berdasarkan data tersebut faktor ini disebut Faktor Produk. Dan hasil uji analisis pada penelitian ini yaitu faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi minat nasabah non muslim menjadi nasabah di pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo adalah faktor reputasi yang mempunyai nilai faktor loading sebesar 51,599. Maka dapat disimpulkan bahwa faktor reputasi paling berpengaruh terhadap minat nasabah non muslim. Dari hasil kesimpulan di atas maka pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo harus menjaga reputasi yang baik, karena reputasi yang baik mencerminkan kualitas dan kuantitas pegadaian syariah dan hal tersebut merupakan penilaian dari para nasabah itu sendiri. Sehingga, semakin baik reputasi pegadaian syariah maka akan menjadi daya tarik minat masyarakat terhadap pegadaian syariah kantor cabang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silviana, DewiDsilviana161@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Gadai
Keuangan Islam
Keywords: Analisis faktor; minat nasabah non muslim; Pegadaian Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Silviana Dewi
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:07
Last Modified: 08 Feb 2018 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22396

Actions (login required)

View Item View Item