Peningkatan pemahaman siswa menggunakan metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rhodiah, Agustin Widyastuti (2018) Peningkatan pemahaman siswa menggunakan metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Agustin Widyastuti Rhodiah_D77214055.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2. Guru masih menggunakan metode ceramah yang sebenarnya kurang cocok dengan pendekatan yang ada dalam pembelajaran tematik yaitu pendekatan saintifik yang menuntut siswa untuk aktif ketika proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut, penulis mengambil pembelajaran melalui metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Team Quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2 di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2 di kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto menggunakan metode Team Quiz ? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan tes, serta dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes butir soal uraian, serta dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang diuraikan secara deskriptif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan metode team quiz pada siswa kelas III MI Roudlotul Ulum Mojokerto telah dilaksanakan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat pada skor akhir aktivitas guru meningkat dari 78 (baik) pada siklus I menjadi 87 (sangat baik) pada siklus II. Begitu pula pada aktivitas siswa meningkat dari skor 76 (baik) pada siklus I menjadi 84 (sangat baik) pada siklus II. (2) Penerapan metode team quiz pada pembelajaran tematik tema 2 perkembangan teknologi subtema 2 pembelajaran 2 dapat meningkatkan pemahaman siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sebesar 68,4 (cukup) dan siklus II 85,9 (sangat baik). Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 36,67% dan siklus II sebesar 86,67%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rhodiah, Agustin WidyastutiAGUSTINWR0208@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Team Quiz; Pemahaman; Pembelajaran Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rhodiah Agustin Widyastuti
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:52
Last Modified: 08 Feb 2018 04:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22390

Actions (login required)

View Item View Item