Budaya dan etika kerja Islami dalam membangun Islamic Branding pada Yayasan Dana Sosial Al Falah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Secowati, Siti Eka Dewi (2017) Budaya dan etika kerja Islami dalam membangun Islamic Branding pada Yayasan Dana Sosial Al Falah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Eka Dewi Secowati_C74213155.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan analisa penerapan budaya dan etika kerja Islam di YDSF Sidoarjo berdasarkan SIFAT dan kode etik profesi amil zakat, serta kontribusinya dalam membangun Islamic Branding bagi Yayasan Dana Sosial Al-Falah Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan YDSF Sidoarjo dan beberapa donatur YDSF Sidoarjo. Uji keabsahan dari data yang telah dikumpulkan menggunakan triangulasi, selanjutnya data tersebut akan dianalisa dengan indikator yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 7 aspek dalam penerapan budaya kerja di YDSF Sidoarjo, yakni amanah, profesional, transparan, independen, adil, responsif dan kooperatif. Sementara penerapan etika kerja di YDSF Sidoarjo masih belum tertuang secara tertulis, namun dalam penerapannya mengikuti 7 prinsip budaya kerja YDSF. Islamic Branding yang dibangun YDSF Sidoarjo memiliki tingkat brand equity yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya donatur yang merasa puas dengan YDSF, menghargai para karyawan dan menganggapnya sebagai teman, mengakui YDSF dengan kualitasnya, serta adanya emosi yang terikat erat dengan YDSF. Meskipun demikian, penerapan budaya dan etika kerja oleh para karyawan YDSF tidak memberikan kontribusi yang begitu besar. Hal tersebut disebabkan para donatur yang lebih condong menilai berdasarkan aspek kekeluargaan, adanya ikatan atau hubungan emosional yang baik, daripada objektivitas profesionalisme kerja karyawan seperti penerapan budaya dan etika kerjanya. Saran yang penulis sampaikan untuk YDSF Sidoarjo adalah agar dapat merumuskan secara lengkap dan tertulis etika kerja YDSF dan ditetapkan sebagai pedoman kerja. Mengingat urgensi etika amil sangat penting dalam menumbuhkan dan memelihara kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Secowati, Siti Eka Dewiesekadewi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Organisasi
Etika
Keywords: Budaya kerja; etika kerja; Islamic Branding
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Secowati Siti Eka Dewi
Date Deposited: 08 Feb 2018 06:46
Last Modified: 08 Feb 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22385

Actions (login required)

View Item View Item