Pengembangan perilaku prososial aktivis komunitas rumah belajar pandawa di pemukiman padat penduduk Jalan Lumumba dalam RT 01 RW 01 Kelurahan Ngagel Kecamatan Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Hamzah Afif (2018) Pengembangan perilaku prososial aktivis komunitas rumah belajar pandawa di pemukiman padat penduduk Jalan Lumumba dalam RT 01 RW 01 Kelurahan Ngagel Kecamatan Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hamzah Afif Afandi_B07212013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui gambaran perilaku prososial Komunitas Rumah Belajar Pandawa di pemukiman padat penduduk Jalan Lumumba Dalam RT 01 RW 01 Kelurahan Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Metode penelitian yang digunakkan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil dari penelitian ini ditemukan gambaran bahwa perilaku prososial Komunitas Rumah Belajar Pandawa ditunjukkan dengan kesediaan menolong dan membantu berupa pengabdian yang terfokus pada aspek sosial-pendidikan. Seperti, mendirikan kegiatan belajar non formal bagi anak-anak, sosialisasi guna pengembangan masyarakat dan advokasi untuk masyarakat yang terjerat masalah tanpa imbalan. Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial Komunitas Rumah Belajar Pandawa adalah keinginan merealisasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai agen perubahan dalam masyarakat. Selain itu, rasa ingin menolong, situasi dan kondisi lingkungan sekitar yang dianggap membutuhkan bantuan menjadi pengaruh besar perilaku prososial yang dilaksanakan oleh Komunitas Rumah Belajar Pandawa. Selain kedua hal diatas, peneliti menemukan temuan penelitian berupa dampak dari perilaku prososial yang dilakukan Komunitas Rumah Belajar Pandawa. Dampak yang didapatkan antara lain; menambah pengalaman, jaringan, wawasan dan membuat anggota komunitas menjadi lebih percaya diri. Dampak bagi masyarakat sendiri, masyarakat merasa lebih terbantu dan kampung tempat mereka tinggal menjadi lebih ramai atau dikenal oleh masyarakat luas.
Kata kunci: perilaku prososial, komunitas, padat penduduk

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Hamzah Afifanom_siamonte@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Perilaku
Psikologi Sosial
Uncontrolled Keywords: Prilaku prososial; komunitas; padat penduduk
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Afandi Hamzah Afif
Date Deposited: 08 Feb 2018 05:21
Last Modified: 08 Feb 2018 05:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item View Item