Analisis Produk Pembiayaan ARRUM BPKB dalam Meningkatkan Usaha Mikro Nasabah Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Fina Safinatul (2018) Analisis Produk Pembiayaan ARRUM BPKB dalam Meningkatkan Usaha Mikro Nasabah Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fina Safinatul Ummah_C74213106.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Produk Pembiayaan ARRUM BPKB dalam Meningkatkan Usaha Mikro Nasabah Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertenyaan tentang bagaimana implementasi produk pembiayaan ARRUM BPKB dalam meningkatkan usaha mikro nasabah Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo dan bagaimana analisis produk pembiayaan ARRUM BPKBdalam meningkatkan usaha mikro nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan editing, yaitu memeriksa kembali kelengkapan data, kemudian organizing dan penemuan hasil, yaitu dengan menganalisis data yang telah diperoleh untuk memperoleh kesimpulan. Teknik analisis data dengan pola pikir induktif yang berarti pola pikir yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus kemudian diteliti, dianalisis dan disimpulkan sehingga pemecahan persoalan sehingga berlaku secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan ARRUM BPKB di Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo berjalan dengan baik sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No. 25/DSN-MUI/III/2002. Namun dalam menentukan tarif ujrah pegadaian syariah tidak berdasarkan biaya pemeliharaan dan penyimpanan, tetapi berdasarkan jumlah pinjaman. Dan produk pembiayaan ARRUM BPKB dapat meningkatkan usaha mikro nasabah, Data dari 20 nasabah ARRUM BPKB Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo sebanyak 65% mengalami kenaikan laba, 25% tidak mengalami kenaikan laba, dan 10% mengatakan laba yang mereka peroleh musiman. Dari segi peningkatan karyawan dari 20 nasabah terdapat 40% mengalami kenaikan dan 40% tidak mengalami kenaikan, 20% tidak memiliki karyawan. Dan terdapat 1 orang nasabah menggunakan dana pembiayaan untuk perluasan tempat usaha. Berdasarkan hasil penelitian Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo diharapkan menentukan tarif ija@rah bedasarkan sewa tempat penyimpanan sehingga Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo tidak hanya berorientasi untuk memperoleh laba tetapi juga membantu masyarakat menengah ke bawah dan Pegadaian Syariah Kantor Cabang Sidoarjo melakukan survei usaha nasabah secara berkala untuk mengetahui perkembangan usaha dan mencegah terjadinya penyalahgunaan dana pembiayaan ARRUM BPKB.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Fina SafinatulVinasafina24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Fatwa
Keuangan Islam
Keywords: Pembiayaan Arrahn; Usaha Mikro; Nasabah Pegadaian Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ummah Fina Safinatul
Date Deposited: 08 Feb 2018 03:09
Last Modified: 08 Feb 2018 03:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22353

Actions (login required)

View Item View Item