Perilaku altruis relawan LSM Savy Amira Kendangsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Veni Nasrul (2010) Perilaku altruis relawan LSM Savy Amira Kendangsari Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Veni Nasrul Aini_B07205019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Savy Amira Kendangsari Surabaya adalah lembaga yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan, khususnya dibidang membantu penanganan kekerasan trhadap korban kekerasan dalam rumah tangga. Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui diskripsi perilaku Altruis relawan LSM Savy Amira Kendangsari Surabaya. Altruisme merupakan tindakan suka rela yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan apa pun. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari para relawan LSM Savy Amira Kendangsari Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan analisis data dengan penyortiran data, pembuatan kode serta pembuatan file-file analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku Altruis pada relawan lembaga swadaya masyarakat LSM Savy Amira Kendangsari Surabaya yang ditunjukkan oleh subyek dalam penelitian ini karena adanya rasa empati, suka rela, dan keinginan untuk menolong orang lain. Sedangkan menurut teori yang sama dengan perilaku altruisme yakni dengan teori norma sosial yang berpedoman pada norma timbal balik (reciprocity norm), norma tanggung jawab sosial (social responsibility norm), serta norma keseimbangan (harmonic norm). Dengan penelitian ini diharapkan bagi semua orang yang berjiwa sosial tinggi agar bisa meniru perilaku altruis yang dimiliki oleh relawan LSM Savy Amira Kendangsari Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Veni NasrulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bantuan Hukum
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Perilaku altruism; relawan; LSM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2018 09:01
Last Modified: 07 Feb 2018 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22347

Actions (login required)

View Item View Item