Pengendalian risiko berbasis kotak penagihan untuk pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera (MBS) Cipta Menanggal Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Inggawati, Mega (2018) Pengendalian risiko berbasis kotak penagihan untuk pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera (MBS) Cipta Menanggal Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mega Inggawati_G04214018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian secara kualitatif yang menjawab pertanyaan dari penggunaan kotak penagihan dalam pembiayaan murabahah serta tingkat efektivitas dalam mengendalikan risiko pembiayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan diskriptif kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi terhadap karyawan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan kotak penagihan dalam mengendalikan risiko pembiayaan pada pembiayaan murabahah yang diterapkan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera, sebelum memberikan kotak kepada anggota, koperasi melakukan identifikasi, evaluasi dan pengukuran, dan pengelolaan risiko. Setelah itu koperasi menjelaskan penggunaan kotak penagihan yaitu dengan melakukan mediasi dan memberikan surat perjanjian yang berisi bersedianya anggota menerima kotak penagihan, jumlah yang wajib dimasukkan ke dalam kotak, dan tanggal pengambilan kotak. Untuk mengukur tingkat efektivitas penggunaan kotak penagihan dalam mengendalikan risiko pembiayaan pada pembiayaan mura@bah}ah, melakukan retention (menahan risiko) artinya koperasi mampu mengelola risiko yang dihadapi tanpa bantuan pihak lain. Berdasarkan ketentuan Peraturan Deputi No. 07/Per/Dep. 6/IV/2016 rasio pembiayaan berisiko tidak boleh melebihi 5%. Berdasarkan data penggunaan kotak penagihan dari bulan Juli 2017 sampai bulan Desember 2017 tercatat mencapai 3,79%. Diharapkan untuk ke depannya penggunaan kotak penagihan terus berkembang dan dapat mengendalikan risiko pembiayaan pada pembiayaan murabahah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Inggawati, Megamegaokt0710@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Murabahah
Koperasi
Uncontrolled Keywords: Manajemen risiko; murabahah; kotak penagihan; risiko pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Inggawati Mega
Date Deposited: 08 Feb 2018 01:43
Last Modified: 09 Mar 2018 02:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22345

Actions (login required)

View Item View Item