Analisis pembiayaan mudharabah pada BMT dalam meningkatkan pendapatan pedagang di pasar tradisional Desa Paciran: studi pada BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhel, Ahmad (2018) Analisis pembiayaan mudharabah pada BMT dalam meningkatkan pendapatan pedagang di pasar tradisional Desa Paciran: studi pada BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Suhel_C04213005.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pembiayaan Mudharabah pada BMT dalam Meningkatkan Pedapatan Pedagang di Pasar Tradisional Desa Paciran (Studi pada KPPS-BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1) Bagaimana Implementasi pembiayaan mudharabah di KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran dan (2) Bagaimana Implementasi pembiayaan mudharabah di KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran dalam meningkatkan pendapatan pedagang di Pasar Tradisional Desa Paciran. Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak-pihak dari KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran dan para pedagang Pasar Tradisional Desa Paciran, serta dokumentasi terhadap laporan bulanan pedagang dan pihak KSPPS BMT Bina Umat Sejahtera Cabang Paciran. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya KSPPS-BMT Bina Umat Sejahtera Paciran ini dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang dihadapi para masyrakat khususnya pedagang yang ada di Pasar Tradisional Desa Paciran, dimana sedang menjalankan usaha terutama dalam masalah modal yang dapat menghambat usahanya. Sehingga dengan adanya pembiayaan dengan sistem mudharabah yang diberikan pada masyarakat khususnya pedagang di Pasar Tradisional Desa Paciran yang kekurangan modal untuk usahanya. Karena dengan adanya tambahan modal, usahapun telah mengalami kemajuan yakni dengan adanya peningkatan dalam hal pendapatan, macam-macam produk penjualan dan kinerjanya. Sehingga dengan meningkatnya produksi usaha maka secara otomatis pendapatan juga meningkat. Hal ini ditunjukkan bahwa pendapatan para pedagang yang melakukan pembiayaan mengalami peningkatan dengan persentase kenaikan rata-rata sebesar 10,39%. Maka dapat dilihat terdapat kenaikan yang cukup signifikandari omset penjualan serta pedapatannya, hal ini juga mengakibatkan masyarakat dan pedagang khusunya pedagang di pasar tradisional Paciran semakin sejahtera dan makmur. Berdasarkan dari hasil penelitian ini diharapkan kepada instansi manapun baik dari BMT-BUS maupun lembaga keuangan syariah lainnya agar mampu memaksimalkan produk-produk yang menjadi minat masyarakat, seperti halnya lembaga BMT-BUS Cabang Paciran yang mampu berjalan dengan baik dan mampu dalam hal meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya para pedagang di pasar Paciran, agar nantinya masyarakat atau apar pedagang yang terkendala masalah modal bisa dengan mudah mendapatkan tambahan modal untuk usahanya dan meningkatkan pendapatannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhel, Ahmadahmadsuheljoss@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Pedagang
Keywords: Pembiayaan mudharabah; Meningkatkan pendapatan; Pedagang
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Suhel Ahmad
Date Deposited: 08 Feb 2018 02:41
Last Modified: 08 Feb 2018 02:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22344

Actions (login required)

View Item View Item