Pengaruh job embeddedness dan komitmen organisasi terhadap organizational trust

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Zuhrotul (2018) Pengaruh job embeddedness dan komitmen organisasi terhadap organizational trust. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zuhrotul Mufidah_B07213043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu Apakah ada pengaruh Job Embeddedness terhadap Organizational Trust, kemudian apakah ada pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Organizational Trust, dan yang terakhir apakah ada pengaruh Job Embeddedness dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Trust. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode try out sebagai validasi data. Subjek penelitian adalah UTD PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Surabaya berjumlah 67 orang. Penelitian ini menemukan beberapa temuan, yaitu terdapat pengaruh antara Job Embeddedness dengan Organizational Trust dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara Komitmen Organisasi dengan Organizational Trust dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Temuan selanjutnya terdapat pengaruh antara Job Embeddedness dan Komitmen Organisasi terhadap Organizational Trust sebesar 0,000<0,05. Maka pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis diterima. hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan oleh Kismono (2011) bahwa karyawan yang memiliki job embeddedness dalam pekerjaan mereka akan merasa lebih melekat pada kolega, pekerjaan dan organisasi serta dapat mengekspresikan keterikatan mereka dengan mempertahankan keanggotaan organisasi ditempat mereka bekerja. Individu yang merasa ada ikatan kuat (embedded) antara dirinya dengan pekerjaan dan organisasinya cenderung memiliki perilaku yang positif dalam pencapaian tujuan organisasi dibandingkan individu yang kurang merasa ada ikatan antara dirinya dengan organisasi (Fitriyani, 2013). serta Komitmen Organisasi sebagai sebagai suatu keadaan dimana seorang individu memihak organisasi serta tujuan tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaannya dalam organisasi adalah faktor penting dari Organizational Trust (Robbins & Judge 2007).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Zuhrotulzuhrotulmufidah1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam > Organisasi
Psikologi > Psikologi Kerja
Uncontrolled Keywords: Job embeddedness; komitmen organisasi; organizational trust
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Mufidah Zuhrotul
Date Deposited: 08 Feb 2018 04:08
Last Modified: 08 Feb 2018 04:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item