Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dalam meningkatkan kinerja guru: stdi kasus di MTs Mambaul Ulum Bata-bata Palengaan Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Ach. Abrori Syuhud (2017) Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dalam meningkatkan kinerja guru: stdi kasus di MTs Mambaul Ulum Bata-bata Palengaan Pamekasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ach. Abrori Syuhud Abdullah_F12315195.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dapat membina kinerja para guru di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan. Setiap tugas yang dipercayakan kepada para guru dikerjakan atas dasar ruhul jihad dan ikhlas meskipun tanpa imbalan yang layak. Bagi para guru menjadi suatu kehormatan tersendiri mendapat tugas serta ikut berpartisipasi dalam mengelola dan mengembangkan lembaga pendidikan. Para guru mengerjakan tugas-tugas dan kewajiban-kewajibannya di madrasah secara tekun, disiplin, semangat tinggi, dan penuh tanggung jawab dengan mengharap ridla dan pahala dari Allah Swt sebagai panggilan hatinya. Kompensasi gaji bukan menjadi tujuan utama dari para guru dalam melaksanakan tugas mengajar, tetapi lebih berorientasi kepada pengabdian untuk kemajuan lembaga serta mendapatkan pahala dari Allah Swt. Masalah yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini mencakup (1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan?, (2) bagaimana kinerja guru di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan?, dan (3) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah dan beberapa orang guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan terus-menerus dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan dalam memimpin para guru di madrasah didasarkan pada ciri-cirinya, perilakunya, situasinya, dan penerimaannya. Melalui kepemimpinan kepala madrasah tersebut, para guru menerima dan mengakui terhadap kepemimpinan kepala madrasah. (2) Kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan tergolong baik. Para guru melaksanakan tugas-tugas dengan kedisiplinan, dedikasi, dan tanggung jawab tinggi. (3) Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Mambaul Ulum Bata-Bata Palengaan Pamekasan, mencakup keteladanan, kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian, dan ketulusan. Melalui kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius tersebut, para guru melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai bidang tugasnya masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Ach. Abrori Syuhudabrorisyuhud@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Layanan
Manajemen
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala madrasah berbasis religius; kinerja guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Abrori Syuhud
Date Deposited: 07 Feb 2018 08:49
Last Modified: 07 Feb 2018 08:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22337

Actions (login required)

View Item View Item