Analisis strategi integreted marketing dan Islamic experiential marketing produk simpanan kencleng koperasi syariah dalam upaya menarik minat anggota pada koperasi syariah (KOPSYAH) manfaat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Nujullah Hanif (2018) Analisis strategi integreted marketing dan Islamic experiential marketing produk simpanan kencleng koperasi syariah dalam upaya menarik minat anggota pada koperasi syariah (KOPSYAH) manfaat Surabaya. Undergraduate thesis, S1 - Ekonomi Syariah.

[img]
Preview
Text
Nujullah Hanif Fauziah_G04214026.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang strategi integrated marketing apa yang digunakan KOPSYAH Manfaat Surabaya dalam upaya menarik minat amggota, dan penerapan atau pelaksanaan islamic experiential marketing dalam produk simpanan syariah serta kendala-kendala apa saja dalam memasarkan produk simpanan di KOPSYAH Manfaat Surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan infoman yaitu selaku manajer di koperasi manfaat syariah atau KOPSYAH Manfaat Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi integrated marketing yang digunakan oleh KOPSYAH Manfaat yaitu mengandalkan social media. Seperti, facebook, instagram, blog, tweeter, siaran radio islami. Dari semua aplikasi social media yang digunakan yang paling mudah direspon anggota yaitu facebook dan siaran radio islami. Dari situlah upaya-upaya untuk menarik anggota untuk bergabung dalam KOPSYAH Manfaat Surabaya. Dengan adanya produk baru yaitu produk KENCLENG yang lahir dari kegiatan pemberdayaan. Sangat menambah jumlah anggota pertahunnya, disitulah metode islamic experiential marketing digunakan yaitu pendekatan secara personal face to face terhadap anggota. Tak dipungkiri bahwasanya penambahan minat anggota untuk bergabung di KOPSYAH Manfaat sangatlah cepat. Dari kedua strategi yang digunakan oleh KOPSYAH Manfaat sangatlah efisien dan berguna dalam menunjang bertambahnya jumlah anggota. Sampai saat ini kedua strategi marketing sangatlah direspon baik oleh masyarakat. Dengan bukti adanya peningkatan anggota dari tahun 2016 bulan November sampai tahun 2017 sebesar 80% tingkat penambahan anggota untuk produk KENCLENG sendiri. Dari situlah marketer di KOPSYAH Manfaat sangat bersemangat dalam mengaplikasikan produk simpanan menggunakan strategi integrated marketing dan islamic experiential marketing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Nujullah Haniffauziah.uinsa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Koperasi
Keywords: Integrated marketing; Islamic experiential marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauziah Nujullah Hanif
Date Deposited: 07 Feb 2018 07:45
Last Modified: 07 Feb 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item