Penanggulangan kenakalan remaja melalui pembelajaran PAI: studi multi kasus di SMP Negeri I Tambelangan dan SMP Negeri I Jrengik kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathorrozi, Fathorrozi (2017) Penanggulangan kenakalan remaja melalui pembelajaran PAI: studi multi kasus di SMP Negeri I Tambelangan dan SMP Negeri I Jrengik kabupaten Sampang. Masters thesis, UIN Sunan AmpleSurabaya.

[img]
Preview
Text
Fathorrozi _ F120315206.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Kenakalan remaja merupakan salah satu masalah yang senantiasa muncul di tengah-tengah komunitas masyarakat. Problem tersebut merupakan suatu hal yang sangat urgan dan selalu menarik serta aktual diperbincangkan karena masalah kenakalan remaja adalah problem yang menimpa generasi. Oleh karena itu, Pendidikan Agama Islam sangat penting diterapkan di kalangan remaja terutama dikalangan siswa sebagai penerus bangsa yang dalam proses pendidikan. Dari latar belakang diatas, penulis mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja, mengetahui penanggulangan kenakalan remaja serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanggulangan kenakalan remaja melalui pembelajaran PAI pada siswa SMP Negeri 1 Tambelangan dan SMP Negeri 1 Jrengik Kabupaten Sampang. Untuk memperoleh data yang diinginkan penelitian yang dilakukan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Dalam kesimpulannya penulis memperoleh suatu kesimpulan bahwa tingkat kenakalan remaja yang ada di SMP Negeri 1 Tambelangan dan SMP Negeri 1 Jrengik Kabupaten Sampang (1) bentuk kenakalannya siswa bukan tindakan kejahatan melainkan seperti membolos, mengganggu teman, terlambat datang ke sekolah, memakai seragam yang tidak rapi menaruk di luar celananya, keliaran di sekolah saat pelajaran dan berkelahi saat maen bola di sekolah. (2) penanggulangan yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan memberi tindakan yang mengarah kepada mental psikologi siswa. (3). Faktor pendukungnya semua guru berkerja sama dalam melakukan penanggulangan kenakalan di sekolah sedangkan faktor penghambatnya adalah kerjasama orang tua yang kurang karena sebagian ada yang merantau keluar negeri dan ada yang sibuk dengan pekerjaannya. Adapun upaya penanggulangan yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Tambelangan dan SMP Negeri 1 Jrengik Kabupaten Sampangada 3 (tiga) bentuk, yaitu; usaha preventif (pencegahan), kuratif (penyembuhan) dan pembinaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathorrozi, Fathorrozisomberpunya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja; pendidikan agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fathorrozi Fathorrozi
Date Deposited: 07 Feb 2018 04:20
Last Modified: 07 Feb 2018 07:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22296

Actions (login required)

View Item View Item