Peran orangtua terhadap penyesuaian diri anak tunagrahita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sriwati, Sriwati (2011) Peran orangtua terhadap penyesuaian diri anak tunagrahita. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sriwati_B07207079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orangtua dalam membantu penyesuaian diri pada anak tunagrahita. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua dalam membantu penyesuaian diri pada anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus. Sedangkan metode yang dipakai untuk memperoleh data adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah subjek merupakan penyandang tunagrahita sedang atau mampu latih. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara penyajian data, memverifikasi data, dan menyimpulkan data dengan melakukan pengujian sistematik dari data untuk menetapkan bagian-bagiannya, hubungan antar bagian, dan bagian terhadap keseluruhan. Sedangkan untuk menjaga kebenaran data dilakukan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kedua orangtua subjek selalu menuruti keinginan anaknya, sehingga subjek menjadi anak yang sangat bergantung kepada orangtua dan tidak bisa mandiri. Selain itu orangtua subjek juga kurang tegas terhadap anaknya, sehingga saat subjek belajar di rumah kurang maksimal, karena tidak di batasi waktu dan hanya mengikuti kemauan anak sendiri tanpa ada paksaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sriwati, SriwatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Tuna Grahita
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua; Penyesuaian Diri; Anak Tunagrahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:38
Last Modified: 07 Feb 2018 03:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22294

Actions (login required)

View Item View Item