Krisis spiritual masyarakat modern dalam prespektif al-Quran: studi tematik ayat-ayat putus asa dan kontekstualisasinya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asror, Ahmad Khadziq (2018) Krisis spiritual masyarakat modern dalam prespektif al-Quran: studi tematik ayat-ayat putus asa dan kontekstualisasinya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Khadziq Asror_E73214046.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang seharusnya mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan terwujudnya kesejahteraan dan kebahagiaan bagi mereka, ternyata belum mampu mewujudkan kebahagiaan yang sebenarnya. Adanya persaingan yang sangat kompetitif dapat membawa manusia mudah frustasi dan stress. Pola hidup materialisme dan hedonisme menjadi karakter masyarakat modern dan apabila tidak lagi mampu menghadapi persoalan hidupnya, mereka cenderung mengambil jalan pintas dengan melakukan penyimpangan atau bahkan bunuh diri sebagai bentuk sikap putus asa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap wawasan putus asa dan mengambil solusi dari Alquran menurut para mufassir, serta mengkontekstualisasikan penafsiran pada krisis masyarakat modern ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, jenis penilitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik (maudu’i) pendekatan ini dilakukan untuk menjelaskan kandungan ayat-ayat Alquran secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang mempunyai pengertian yang sama. Hasil penelitian tentang krisis spiritual pada masyarakat modern yang mengakibatkan mereka menjadi sakit mental dan mendorong mereka untuk melakukan hal-hal negatif adalah: 1) Mufassir menggolongkan sikap putus asa ke dalam bentuk kekufuran sebagai penyebab dari berbagai kejahatan. 2) Problem yang dialami masyarakat modern bukan karena teknologi atau ilmu pengetahuan, tetapi karena tidak adanya iman dalam diri mereka, sehingga mudah mengalami sakit mental dan berputus asa. Upaya pencegahan putus asa dapat dilakukan melalui pendekatan tasawuf, sabar, dan syukur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asror, Ahmad Khadziqkhadziqasror9e@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak > Akhlak Tercela
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Studi tematik; Ayat-ayat putus asa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Asror Ahmad Khadziq
Date Deposited: 07 Feb 2018 07:40
Last Modified: 07 Feb 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22281

Actions (login required)

View Item View Item