Hubungan tingkat religiusitas dengan self regulation mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afida, Nur (2009) Hubungan tingkat religiusitas dengan self regulation mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afida_B07205010.pdf

Download (823kB)

Abstract

Jika dilihat dari jenis variabel penelitian yang diketengahkan di sini, maka terdapat dua persoalan inti yang hendak dikaji dan dicari korelasinya secara kritis dan sistematis. Persoalan pertama adalah mengenai tingkat religiusitas, sedangkan persoalan yang kedua adalah self regulation. Dalam pengertian operasional, tingkat religiusitas dimaknai sebagai suatu kualitas atau kapasitas penghayatan agama seseorang yang menyangkut simbol, keyakinan, nilai dan perilaku yang didorong oleh kekuatan spiritual yang terdapat dalam diri manusia itu sendiri, sedangkan self regulation adalah penggunaan suatu proses yang mengaktivasi pemikiran, perilaku, dan affects (perasaan) yang terus menerus dalam upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 11 Juni sampai dengan 10 Juli 2009 di Universitas Yudharta Pasuruan. Penelitian terhadap 90 orang mahasiswa yang aktif dan menjadi fokus sampel penelitian, barulah peneliti mulai mempersiapkan kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan adalah metode sampling purposive, yaitu pengambilan dengan yang dikehendaki untuk selanjutnya dipilih dengan cara diundi (random). Berdasarkan hasil Uji Kendall's Tau-b yang dipakai untuk menentukan tingkat kesahihan korelasi kedua variabel ini, akhirnya diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0.360, dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Karena taraf signifikansi < 0.05, maka ada hubungan yang signifikan antara tingkat religiusitas dengan self regulation mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan. Sedangkan jika dilihat dari harga Z hitung yang lebih besar dari Z tabel (yakni; 5.0410 >1.96), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, adanya hubungan antara tingkat religiusitas dengan self regulation mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan sudah terbukti dengan harga yang sangat signifikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afida, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Perilaku
Remaja, Gaya hidup
Uncontrolled Keywords: Tingkat religiusitas; self regulation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:51
Last Modified: 06 Feb 2018 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item View Item