Efektivitas bermain peran dalam meningkatkan kreativitas verbal pada Siswa PAUD Unggulan Al-Izzah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Risya Rifqotus (2011) Efektivitas bermain peran dalam meningkatkan kreativitas verbal pada Siswa PAUD Unggulan Al-Izzah Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risya Rifqotus Sa'diyah_B07207058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Bermain Peran dalam Meningkatkan Kreativitas Verbal pada Siswa PAUD Unggulan Al-Izzah Mojokerto. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan jenisnya adalah penelitian eksperimen, dimana dalam penelitian ini menggunakan desain one group pre and posttest design dengan analisis data menggunakan uji peringkat bertanda wilcoxon (wilcoxon signed rank test). Subyek penelitian ini adalah siswa PAUD Unggulan Al-Izzah Mojokerto usia 3-4 tahun sebanyak 11 anak. Hasil anailisis data menunjukan bahwa bermain peran efektif terhadap peningkatan kreativitas verbal pada siswa PAUD Unggulan Al-Izzah Mojokerto yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0.004 < 0.05, nilai Z hitung > Z tabel (2,89 > 1,96), negative ranks 0, positive Ranks l 0, dan ties 1. Hal ini dapat diartikan bahwa I 0 dari 11 subjek penelitian memiliki kreativitas verbal sesudah bermain peran lebih besar dari sebelum bermain peran dan I subjek memiliki kreativitas verbal yang sama antara sesudah bermain peran dan sebelum bermain peran. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas verbal sebelum dan sesudah bermain peran dengan mean skor sebelum bermain peran 8,18 dan mean sesudah bermain peran 9,64 dapat diartikan bahwa bermain peran efektif dalam meningkatkan kreativitas verbal pada siswa PAUD Unggulan Al-Izzah Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Risya RifqotusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Psikologi > Psikologi Anak
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran; Kreativitas Verbal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:52
Last Modified: 06 Feb 2018 07:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22272

Actions (login required)

View Item View Item