Pengaruh kegiatan sosiodrama dalam permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardah, Ilvin Zahrotul (2018) Pengaruh kegiatan sosiodrama dalam permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilvin Zahrotul Wardah_B772130070.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kecerdasan interpersonal anak usia dini kelas B di TK Muslimat Wonocolo sebelum dan sesudah memberikan perlakuan kegiatan sosiodrama dalam permainan tradisional anjang-anjangan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 17 anak. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Kuasi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian 1 kelompok eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2017 sampai 15 oktober 2017 dengan melakukan proses bermain permainan tradisional anjang-anjangan yang didalamnya terdapat kegiatan sosiodrama. Hasil penelitian dengan judul pengaruh kegiatan sosiodrama dalam permainan tradisional anjang-anjangan terhadap kecerdasan tradisional anak usia dini ini dapat dikatakan berpengaruh signifikansi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji t Paired Sample test. Hasil tes sebelum perlakuan memperoleh nilai rata-rata 11,2353 dan rata-rata setelah perlakuan memperoleh nilai 21,1176. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan sosiodrama dalam permainan anjang-anjangan dapat berpengaruh pada kecerdasan interpersonal anak usia dini kelas B di TK Muslimat Wonocolo Surabaya. Selain itu dari hasil penelitian ini dapat disarankan agar diadakan penelitian lanjut misalnya dengan menggunakan tema-tema yang ada di lingkungan rumah, sekolah, atau maasyarakat luas agar lebih inpvatif dan bervariatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardah, Ilvin Zahrotulilvinwardah1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kecerdasan
Psikologi > Psikologi Anak
Budaya
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan interpersonal; sosiodrama; anak usia dini; permainan tradisional
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Wardah Ilvin Zahrotul
Date Deposited: 06 Feb 2018 07:53
Last Modified: 06 Feb 2018 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item