Konsep fitrah dalam Alquran dan kontekstualisasinya terhadap krisis identitas remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badriyah, Badriyah (2018) Konsep fitrah dalam Alquran dan kontekstualisasinya terhadap krisis identitas remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Badriyah_E03214002.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyak munculnya penyimpangan-penyimpangan remaja yang melebihi batas wajar di masyarakat. Salah satu penyimpangan fitrah yang sedang berkembang di masyarakat adalah krisis identitas remaja. Sebagian besar para remaja bertindak sesuka hatinya tanpa menghiraukan bahkan memikirkan sebab akibatnya. Banyak remaja yang lupa dengan fitrahnya menjadi manusia. Bahkan mereka seakan tidak menyadari fitrah yang dimilikinya. Jadi, permasalahan krisis identitas remaja bertolak belakang dengan fitrah yang melekat dalam diri mereka. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana konsep fitrah dan aktualisasinya dalam Alquran? 2). Bagaimana kontekstualisasi fitrah dalam persoalan krisis identitas remaja?
Dalam menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan berdasarkan kepustakaan dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Sesuai dengan tujuan tersebut, data primer yang digunakan berasal dari penjelasan-penjelasan penafsiran oleh beberapa mufasir dalam kitab tafsirnya, serta data sekunder yang berasal dari buku-buku yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menyimpulkan mengenai konsep fitrah tersebut bahwa semua manusia awal diciptakannya memiliki kecenderungan untuk bertauhid yaitu beragama Islam. Namun, fitrah perlu di aktualisasi dengan ibadah. Ibadah merupakan cakupan keseluruhan aktifitas manusia dalam rangka mencari ridha Allah SWT. Fitrah perlu dikontekstualkan agar terhindar dari penyelewengan. Usaha mengkontekstualisasikan fitrah dilakukan untuk mengembalikan fitrah pada asalnya dengan cara mengembangkan fitrah tersebut. Maka, diperlukan adanya pendidikan yang berbasis agama untuk mengarahkan fitrah dari penyimpangan. Seperti halnya menanamkan paradigma berpikir religius, menanamkan sifat optimisme, yakin, positif dan sabar, memberikan kebebasan seorang anak dalam memilih apa yang diinginkan untuk masa depan. Semua bentuk Kontekstualisasi fitrah tersebut mengarahkan pada ajaran-ajaran agama Islam yaitu ibadah. Jadi, sasaran dari pendidikan ini untuk menanamkan nilai-nilai dasar keagamaan dan ketakwaan peserta didik kepada Allah dan mewujudkan remaja yang sesuai dengan fitrah Allah dan berintikan pada tingkah laku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badriyah, Badriyahebadriyah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Al Qur'an
Keywords: konsep fitrah dalam alquran dan kontekstualisasinya terhadap krisis identitas remaja
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Badriyah Badriyah
Date Deposited: 09 Feb 2018 06:57
Last Modified: 09 Feb 2018 06:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22262

Actions (login required)

View Item View Item