Pengembangan sumber daya manusia: studi tentang pemikiran pendidikan dalam mengembangkan SDM menurut Mohammad Iqbal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukafi, Mohammad (2017) Pengembangan sumber daya manusia: studi tentang pemikiran pendidikan dalam mengembangkan SDM menurut Mohammad Iqbal. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Mukafi_F13213174.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi terdapat tiga tuntutan terhadap SDM bidang pendidikan, yaitu: SDM yang unggul, SDM yang terus belajar, dan SDM yang memiliki nilai-nilai indigeneous. Terpenuhinya ketiga tuntutan tersebut dapat dicapai melalui pengembangan SDM. Upaya pembaharuan pendidikan Islam adalah sebuah keniscayaan demi terwujudnya eksistensinya yang lebih bermakna dalam derap langkah modernitas zaman. Mohammad iqbal adalah salah satu tokoh pembaharu dalam bidang pemikiran pendidikan islam. Fokus dalam penelitian ini adalah mengenai filsafatnya mohammad iqbal tentang khudi/ego dan pemikiran mohammad iqbal tentang rekonstruksi pendidikan dimana tujuan akhir dari rekonstruksi pendidikan yaitu mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas yang dapat mengantarkan pada hakekat insan kamil. Ada dua permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Pertama, Bagaimanakah konsep pengembangan sumber daya manusia (SDM) menurut Mohammad Iqbal. Kedua, Bagaimana strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang digagas oleh Mohammad Iqbal dalam pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan (buku), dan merupakan penelitian literal non-empiric, karena data yang digunakan hanya menggunakan berbagai literatur kepustakaan atau artikel yang secara relevan membicarakan tentang pemikiran Mohammad Iqbal. data yang disajikan dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Hasil dari library research penelitian ini adalah: Pertama, Konsep Pengembangan Sumber daya manusia (SDM) menurut Mohammad Iqbal tidak terlepas dari konsep pengembangan sumber daya manusia (SDM) menurut al-Qu’an dan filsafatnya yang sangat terkenal yakni filsafat khudi/ego yakni, manusia diciptakan untuk beribadah kepada tuhan serta khalifatullah fil ardhli. Kedua, Strategi pengembangan SDM yang berkualitas yang digagas oleh Mohammad Iqbal dalam pendidikan Islam tidak terlepas dari konsep mohammad iqbal tentang rekonstruksi pendidikan islam. Rekonstruksi pendidikan perlu dilakukan karena dalam sistem pendidikan islam kaum karena kaum muslim telah terpukau oleh pemahaman keagamaan yang sempit baik itu dr konsep individu (pribadi), masyarakat (sosial), dan intuisi (lembaga pendidikan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukafi, MohammadMukafiibad1986@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; SDM; Pendidikan Islam; Mohammad Iqbal
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukafi Mohammad
Date Deposited: 06 Feb 2018 06:40
Last Modified: 06 Feb 2018 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22257

Actions (login required)

View Item View Item