Peningkatan kemampuan menghafal surat al 'Adiyat mata pelajaran al Qur'an Hadits melalui metode Pair Check di kelas IV B MINU Berbek Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Nur Nafisatul (2018) Peningkatan kemampuan menghafal surat al 'Adiyat mata pelajaran al Qur'an Hadits melalui metode Pair Check di kelas IV B MINU Berbek Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Nafisatul Fithriyah_D97214114.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an Hadits di kelas IV-B MINU Berbek Sidoarjo menunjukkan bahwa kemampuan menghafal surat al-‘Adiyat dalam kategori rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil observasi penelitian dari 29 siswa hanya 8 siswa yang mampu mencapai nilai KKM dalam menghafal surat al-‘Adiyat. Untuk meningkatkan kemampuan menghafal surat al-‘Adiyat, peneliti mengambil tindakan melalui metode Pair Check yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Untuk mengetahui penerapan kemampuan menghafal dengan metode Pairs Check surat al-‘Adiyat pada mata pelajaran al-Qur’an hadits pada kelas IV-B MINU Berbek Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghafal surat al-‘Adiyat pada siswa kelas IV-B di MINU Berbek dengan menggunakan metode Pair Check. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin yang terdiri atas empat langkah pokok, yaitu: 1. Perencanaan (Planning), 2. Tindakan (Acting), 3. Observasi (Observing), 4. Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B MINU Berbek dengan jumlah 28 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penilaiannon tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Metode Pairs Check pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits materi surat al-‘Adiyatkelas IV-B MINU Berbek dapat diterapkan dengan sangat baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan skor pada lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, yaitu 82 pada siklus I dan 100 dalam siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa terdapat peningkatan skor pada tiap siklusnya, yaitu 81,25 pada siklus I, dan 100 pada siklus II. 2) Kemampuan menghafal surat al-‘Adiyat kelas IV-B MINU Berbek setelah menggunakan metode Pair Check pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan denganprosentase kemampuan menghafal surat al-‘ Adiyatsiswa dalam kategori tinggi yaitu dari prasiklus 33,3% dengan nilai rata-rata 71, siklus I hanya 80% dengan nilai rata-rata 78,9,kemudian meningkat pada siklus II mencapai persentase 96,4% dengan nilai rata-rata 87,4.Sehingga terjadi peningkatan prosentase kemampuan menghafal dalam kategori tinggi dari pra siklus ke siklus II sebesar 63,1%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Nur Nafisatulnafisahfithriyah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menghafal; metode Pairs Check; surat al ‘Adiyat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fithriyah Nur Nafisatul
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:59
Last Modified: 06 Feb 2018 03:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22246

Actions (login required)

View Item View Item