Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan double loop problem solving dengan metode penemuan terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Wida Ratna (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika menggunakan pendekatan double loop problem solving dengan metode penemuan terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wida Ratna Sari_D04213035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu konteks yang mendukung tumbuhnya kegiatan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif berkaitan dengan kemampuan yang menghasilkan sesuatu yang baru, berbeda dari kebanyakan orang. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan double loop problem solving yang dikombinasi dengan metode penemuan terbimbing dapat mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pemecaham masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada siswa setelah dilakukannya proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima fase, yaitu fase analysis (analisis), fase design (desain), fase development (pengembangan), fase implementation (implementasi), dan yang terakhir fase evaluation (evaluasi). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, dan buku siswa. Uji coba dilakukan pada 38 siswa kelas VII B MTs YPM 1 Wonoayu. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa, keterlaksanaan sintaks pembelajaran, kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, respon siswa, hasil belajar siswa, dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil penelitian berikut: kevalidan RPP dikategorikan valid dengan rata-rata sebesar 3,94. Kevalidan LKS dikategorikan valid dengan rata-rata sebesar 3,9. Kevalidan buku siswa dikategorikan valid dengan rata-rata sebesar 3,86. Masing-masing perangkat tersebut dinilai praktis oleh para ahli dengan mendapat rata-rata nilai B yang artinya, perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa dikatakan efektif dengan memperoleh nilai rata-rata persentase kegiatan yang relevan terhadap pembelajaran sebesar 92,3%. Keterlaksanaan sintaks pembelajaran dikatakan efektif dengan memperoleh persentase sebesar 97,62%. Kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dikatakan efektif dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,73. Respon siswa terhadap pembelajaran positif dengan prosentase sebesar 78,18%. Hasil belajar dikatakan efektif dengan dengan tercapainya standar keberhasilan setiap siswa dilihat dari penguasaan indikator (kognitif, psikomotorik) yaitu mencapai rata-rata 70%. Kemampuan berpikir kreatif pada siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan proses pembelajaran dengan prosentase peningkatan sebesar 42,11%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Wida Ratnawidaratna.ratna@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sari Wida Ratna
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:44
Last Modified: 06 Feb 2018 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22241

Actions (login required)

View Item View Item