Analisis strategi pemasaran repeat order pembiayaan murabahah di Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Jabal Rahmah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fanani, Rizky Arrois (2018) Analisis strategi pemasaran repeat order pembiayaan murabahah di Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) Jabal Rahmah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizky Arrois Fanani_C74213146.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Skripsi ysng berjudul “Analisis Strategi Pemasaran Repeat Order Produk Murabahah di UJKS Jabala Rahmah Waru Sidoarjo” ini adalah hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pelaksanaan dari strategi pemasaran repeat order di UJKS Jabal Rahmah dan apa sajakah faktor penghambat dari strategi pemasaran repeat order Di UJKS Jabal Rahmah. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metodelogi ini dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung dengan informan, dimana penelitian ini yaitu para karyawan UJKS Jabal rahmah Waru Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pelaksanaan strategi pemasaran repeat order di UJKS Jabal Rahmah ini yaitu pertama, lembaga karyawan mencari data nasabah lama yang pernah melakukan pembiayaan murabahah, lalu menilai data nasabah dengan cara melihat kepatuhan nasabah terhadap perjanjian yang telah disepakati selanjutnya menawarkan kembali untuk melakukan transaksi dengan Jabal Rahmah dengan berbagai penawan yang dapat menarik hati nasabah, hal itu bisa dilakukan dengan cara menelfon nasabah maupun langsung mendatangi rumah nasabah sekaligun untuk bersilaturahmi. Sedangkan pada faktor penghambat pada strategi pemasaran repeat order yang ada di Jabal Rahmah Waru Sidoarjo yaitu, faktor internal adalah waktu yang tidak tepat, pelayanan yang kurang, promosi seadanya dan komunikasi antar karyawan yang kurang. Sedangkan faktor prnghambat dari sisi eksternal yaitu nasabah dengan penilaian yang kurang baik, persaingan dengan lembaga keuangan lain dan informasi tentang adanya Jabal Rahmah sebagai Lembaga keuangan syariah kurang luas. UJKS Jabal Rahmah disarankan untuk meninjau kembali baiknya penilaian pada calon nasabah. Meningkatkan kualitas pelayanan membuat nasabah menjadi nyaman untuk bertransaksi, mengembangkan promosi dan menjaga hubungan baik antar karyawan maupun karyawan dengan nasabah. Disamping itu UJKS Jabal Rahmah perlu mengatasi semua masalah eksternal yang ada seperti meninjau penilaian calon nasabah baru, memenangkan persaingan dengan lembaga lain dan memperluas informasi tentang Jabal Rahmah ke berbagai daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fanani, Rizky Arroisarroisfanani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Murabahah
Pemasaran
Uncontrolled Keywords: pemasaran; pembiayaan; repeat order; murabahah; UJKS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fanani Rizky Arrois
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:37
Last Modified: 06 Feb 2018 02:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22231

Actions (login required)

View Item View Item