Konstruksi dakwah pariwisata KH. M. Said Humaidy melalui Haji dan Umrah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulumuddin, Ihya' (2018) Konstruksi dakwah pariwisata KH. M. Said Humaidy melalui Haji dan Umrah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ihya' Ulumuddin_F02715152.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan suatu proses upaya mengubah suatu situasi kepada situasi lain yang lebih baik sesuai ajaran Islam, atau proses mengajak manusia ke jalan Allah, yakni Al-Islam. Dewasa ini, banyak dakwah melalui tulisan, media visual, media sosial dan lain sebagainya. Bahkan saat ini, dakwah bisa dilakukan saat berpariwisata. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari jawaban tentang bagaimana KH. M. Said Humaidy melakukan eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi dakwah pariwisata melalui haji dan umrah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan konstruksi sosial Berger dan Luckmann. Menurutnya, konstruksi sosial terhadap realitas dapat terjadi melalui tiga proses simultan, yaitu eksternalisasi, obyektivasi dan internalisasi. Rancangan studi kasus penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam terhadap informan. Informasi yang diperoleh dari informan utama kemudian di konfirmasi ulang dengan informan pendukung sehingga di dapatkan data antar subyektivitas untuk memastikan keabsahan data.
Hasil penelitian menemukan bahwa, konstruksi dakwah pariwisata KH. M. Said Humaidy melalui haji dan umrah mendapatkan tiga temuan, yaitu; 1) Dakwah multikultural sebagai konstruksi pesan dakwah pariwisata. Dalam hal ini, seorang da’i berinteraksi dan beradaptasi bersama para jama’ah ataupun calon jama’ah dengan berbagai macam ras, suku, maupun agama yang memunculkan realitas baru., 2) KBIH sebagai pendekatan kepada jama’ah dalam bentuk kelembagaan, merupakan upaya pendekatan seorang da’i untuk masuk ke sebuah lembaga KBIH yang telah diatur oleh pemerintah melalui UU No. 13 tahun 2008 tentang penyelenggaran ibadah haji dan umrah. Saat di KBIH, ia mendapat legitimasi untuk melakukan bimbingan jama’ah haji dan umrah., 3) Dakwah melalui media sosial sebagai sosialisasi ide dakwah pariwisata. Melalui media sosial, KH. M. Said Humaidy mensosialisasikan idenya kembali melalui pesan-pesan dakwah yang telah dilakukan secara konvensional sebagai upaya mengikuti perkembangan jaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulumuddin, Ihya'ihya.ulumuddin92@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah - Metode
Haji
Keywords: Dakwah Pariwisata; Haji; Umrah
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ulumuddin Ihya'
Date Deposited: 06 Feb 2018 08:21
Last Modified: 06 Feb 2018 08:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22228

Actions (login required)

View Item View Item