Implikasi gen istri terhadap sifat keturunan menurut surat Al-baqarah ayat 223 perspektif para mufasir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Ahmadi Iqbal (2018) Implikasi gen istri terhadap sifat keturunan menurut surat Al-baqarah ayat 223 perspektif para mufasir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmadi Iqbal Hanafi_E03214001.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergeseran pemikiran masyarakat dan ilmuan modern mengenai asal-muasal suatu model pewarisan sifat. Selanjutnya didialogkan dengan beberapa ijtihad mufasir (penafsiran corak sains) terhadap penemuan ilmiah modern. Beberapa penelitian sebelumnya hanya berkonsentrasi terhadap pembahasan proses reproduksi manusia atau bagaimana manusia diciptakan secara umum. Dengan penggunaan ayat, metode, dan bentuk yang berbeda diharapkan hasil penelitian ini akan memberikan penawaran wawasan yang berbeda. Penelitian ini dilaksankan dengan menggunakan model penelitian kualitatif, yakni suatu jenis penelitian dengan cara mengumpulkan sumber atau referensi dari pustaka atau buku-buku yang relevan untuk dijadikan rujukan (library research). Dalam penafsiran beberapa mufasir “sains”, alat reproduksi wanita diibaratkan sebagai ladang dan laki-laki ibarat benih. Jika ladang subur dan baik, ditanami benih unggul hasil panennya akan sangat bagus, meski benih kurang baik hasil panen masih bisa baik. Namun, apabila ladang tidak subur, meski ditanami benih unggul, hasil panennya akan tetap kurang baik, apalagi jika benih tidak baik maka hasil panen pun tidak baik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, 1) Mufasir mencoba memaknai makna ayat dengan menggunakan pendekatan atau kaidah kebahasaan dan melakukan penafsiran yang mengambil dari penemuan-penemuan ilmiah. 2) Pembuktian ilmiah bahwa gen istri berperan sedikit dominan atau mempunyai persentase yang lebih banyak ketika proses penurunan sifat keturunan dari proses fertilisasi (pembuahan) terhadap proses selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, Ahmadi Iqbalhanafi28ahmad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Genetika; istri; tafsir ‘ilmi; Alquran; sains
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hanafi Ahmadi Iqbal
Date Deposited: 07 Feb 2018 06:44
Last Modified: 07 Feb 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22225

Actions (login required)

View Item View Item