Implementasi rescheduling, reconditioning, dan restructuring sebagai upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah produk KPR Muamalat iB pada Bank Muamalat Indonesia KC Mas Mansyur Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirunnisa, Nur Awali (2018) Implementasi rescheduling, reconditioning, dan restructuring sebagai upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah produk KPR Muamalat iB pada Bank Muamalat Indonesia KC Mas Mansyur Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Awali Khoirunnisa_G94214154.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi rescheduling, reconditioning, dan restructuring sebagai upaya penyeesaian pembiayaan bermasalah produk KPR Muamalat iB dan apakah faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi rescheduling, reconditioning, danrestructuring sebagai upaya penyeesaian pembiayaan bermasalah produk KPR Muamalat iB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang digunakan berasal dari hasil wawancara dengan bagian Remedial dan Support Pembiayaan yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif dengan pola pikir induktif yang berpijak pada fakta yang bersifat khusus untuk kemudian diteliti, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mampu berlaku secara umum. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi rescheduling, reconditioning, dan restructuring produk KPR dilakukan dengan dua peruntukkan yaitu nasabah PT dan perorangan yang keduanya dilakukan dengan proses yang sistematis dan berhasil menjadi solusi pembiayaan bermasalah terbukti dari menurunnya nasabah bermasalah dan menurunnya tingkat NPF. Faktor penghambat dalam implementasi restrukturisasi pembiayaan adalah: a) Keterlambatan dokumen dari nasabah, b) Nasabah tidak jujur saat melaporkan kronologi penyebab pembiayaan bermasalah, c) Adanya alokasi dana nasabah yang tidak sesuai peruntukkan. Sedangkan faktor pendukung dalam implementasi restrukturisasi pembiayaan adalah: a) Proses administrasi cepat, b) Muncul efek jera dari nasabah, c) Adanya monitoring kepada nasabah pembiayaan bermasalah. BMI KC Mas Mansyur diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan pengawasan kepada nasabah dalam menangani pembiayaan bermasalah dan menjaga tingkat NPF cabang serta memaksimalkan pelaksanaan rescheduling, reconditioning, dan restructuring agar dapat menjadi upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah yang efektif. Pada penelitian berikutnya diharapkan akan mampu melengkapi segala kekurangan dari penelitian ini sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pembaca.
Kata Kunci: Rescheduling, Reconditioning, Restructuring, Pembiayaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirunnisa, Nur Awaliawalikhoirunnisa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Bank dan Perbankan
Ekonomi Islam
Keywords: Rescheduling; reconditioning; restructuring; pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoirunnisa Nur Awali
Date Deposited: 06 Feb 2018 01:59
Last Modified: 06 Feb 2018 01:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22185

Actions (login required)

View Item View Item