Peningkatan hasil belajar materi jual beli mata pelajaran IPS melalui metode role playing siswa kelas III MI Islamiyah Geluran Sidoarjo

Afroh, Siti A'yun (2012) Peningkatan hasil belajar materi jual beli mata pelajaran IPS melalui metode role playing siswa kelas III MI Islamiyah Geluran Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Aýun Arofah_D37208001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan dari hasil observasi awal bahwa mata pelajaran IPS di MI Islamiyah Geluran Sidoarjo masih belum bisa mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga nilai hasil belajarnya masih rendah. Hal m1 disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya metode dan variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanakannya metode Role Playing melalui penelitian tidakan kelas diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPSmateri jualbeli pada siswa kelas III Ml. IslamiyahGeluranSidoarjo. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas III Ml. IslamiyahGeluranSidoarjo mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode pembelajaran role playing; (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS pada materi jual beli dengan menggunakan metode pembelajaran role playing siswa kelas III Ml Islamiyah Geluran Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakanpenerapan metodeRole Playing; (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI pada mata pelajaran IPS dengan metodepembelajaranRole Playing. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, lembarpengamatandalamkelompok, tes dandokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian diatas peneliti menyimpulkan bahwa melalui metodepembelajaranRo/e Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI. IslamiyahGeluranSidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan diketahui bahwa pada siklus I nilairata-rata kelas cukup baik dengan angka 70,6dan prosentase kelulusannya mencapai 66,6%, besamya prosentase ini sudah dikatakan baiktetapi perlu diadakan review ulang, agar memperoleh data yang maksimal, kita ketahui standar prestasibelajar seperti yang dijelaskan sebelumnya adalah mencapai 85%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,12atau dapat dikategorikan baik, begitu juga dengan prosentase prestasibelajar mencapai 87,8%dan angka tersebut termasuk kategoribaik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Musthofa, M. Bahri
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS; metode role playing
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Feb 2018 02:18
Last Modified: 05 Feb 2018 02:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/22173

Actions (login required)

View Item View Item